Safe Haven Kembali Diminati, Harga Emas Melonjak di Akhir Sesi

adidananto

New member
gold-bar-700x357.jpg



Harga emas kembali mengakhiri perdagangannya dini hari tadi dengan membukukan kenaikan yang cukup signifikan (27/3). Harga logam mulia sempat mencapai posisi paling tinggi dalam 3,5 minggu di tengah membesarnya konflik di Timur Tengah. Para pelaku pasar kembali memburu emas yang merupakan instrument investasi safe haven di tengah ketidakpastian kondisi global.

Saham-saham di bursa Amerika Serikat mengalami penurunan dan harga minyak mentah melejit kencang tadi malam. Arab Saudi dan sekutunya di Jazirah Arab melakukan serangan udara ke Yaman. Hal ini menimbulkan kekhawatiran bahwa akan pecah perang besar di kawasan Timur Tengah. Milisi di Yaman yang menjadi obyek penyerangan adalah sekutu Iran.

Harga emas mengarah untuk mengalami kenaikan tujuh sesi berturut-turut, fase peningkatan terpanjang sejak tahun 2012. Data ekonomi dari Amerika Serikat yang masih kurang mengesankan juga mendorong spekulasi bahwa Fed masih akan mempertahankan kebijakan suku bunga rendah untuk sementara waktu.

Harga emas spot pada akhir perdagangan Jumat dini hari ditutup pada posisi 1204, 55 dollar per troy ons. Harga mengalami kenaikan yang cukup signifikan yaitu sebesar 9,45 dollar atau 0,79 persen dibandingkan dengan posisi penutupan perdagangan sebelumnya yang ada di level 1195,10 dollar per troy ons. Pada perdagangan kemarin harga emas spot sempat mengalami lonjakan hingga mencapai posisi 1219,65 dollar per troy ons yang merupakan posisi paling tinggi sejak tanggal 2 Maret.

Sementara itu harga emas berjangka Comex untuk kontrak April juga terpantau mengalami peningkatan sebesar 7,80 dollar atau 0,7 persen. Harga komoditas ini ditutup pada posisi 1204,80 dollar per troy ons.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bahwa pergerakan harga emas spot LLG hari ini akan kembali mengalami kenaikan meskipun akan cenderung terbatas. Minat terhadap safe haven kembali meningkat memberikan dukungan bagi pergerakan harga logam mulia.

Pada perdagangan hari har ini harga emas berpotensi mengetes level resistance pada posisi 1230 dollar per troy ons. Jika berhasil ditembus harga akan melanjutkan kenaikan lagi ke posisi 1240 dollar. Sedangkan jika terjadi pergerakan yang berbalik melemah harga akan mengetes level support pada posisi 1200 dollar. Jika berhasil ditembus harga akan melanjutkan pelemahan ke posisi 1190 dollar.



Sumber http://commodity-academy.co.id/2015/03/27/safe-haven-kembali-diminati-harga-emas-melonjak-di-akhir-sesi/
 
Back
Top