Bekerja Lebih Menguntungkan di Coworking space

krisnaadi

New member
Bagi Anda pebisnis startup yang belum memiliki kantor sendiri dan kesulitan mencari tempat untuk bekerja, Anda dapat melirik coworking space sebagai alternatif solusinya. Coworking space di Indonesia masih merupakan sebuah konsep baru, jumlahnya juga masih bisa dihitung jari. Bahkan coworking space sendiri susah dijelaskan kepada orang awam karena tidak memiliki terjemahan bahasa Indonesia. Namun, coworking space merupakan tempat yang bagus untuk bekerja, berinteraksi, berkolaborasi, belajar, dan mengembangkan startup Anda.
Coworking space merupakan suatu konsep kantor bersama untuk para wirausaha atau pebisnis startup yang ingin membangun startup-nya. Sebagai perusahaan startup yang masih berkembang atau growing startup, pasti masih membutuhkan pendanaan bisnis yang cukup untuk menyewa kantor pribadi yang harganya tidak murah. Nah, coworking space dapat menjadi alternatif bagi Anda. Coworking space sendiri ada yang berbayar dan tidak berbayar. Namun, biasanya harga yang ditawarkan juga tidak semahal biaya sewa kantor pribadi per tahun.
Coworking space di Indonesia masih tergolong baru dan baru dapat ditemukan di kota besar seperti Jakarta, Bandung, dan Bali. Di ibukota, perkembangan pertumbuhan coworking space juga semakin meningkat ditandai pertambahan jumlah coworking space hingga tahun 2015. Pertumbuhan coworking space juga didukung oleh perkembangan ekosistem startup teknologi. Jakarta juga merupakan tempat lahirnya berbagai startup besar di Indonesia. Beberapa coworking space yang dapat ditemui adalah Comma, Ciputra GEPI Incubator (CGI), Kejora, Freeware dan TierSpace, dll. Namun, ada yang membedakan CGI dari coworking space lainnya, yaitu CGI yang merupakan bagian dari program GEPI (Global Entrepreneurship Program Indonesia) juga menawarkan program inkubasi, mentoring serta kesempatan pendanaan bisnis. Bekerja di coworking space banyak manfaatnya. Secara umum, ada 5 keuntungan bekerja di coworking space seperti yang dikutip dari Tech in Asia:
1. Lingkungan kerja yang kondusif
Di coworking space, Anda masih dapat merasakan atmosfer bekerja seperti di kantor, namun dengan fleksibilitas lebih tinggi. Design Interior-nya juga tidak kaku dan tersekat-sekat, melainkan lebih terbuka dan santai. Ditambah dengan fasilitas seperti listrik dan internet sepuasnya, sharing table dengan rekan kerja yang berasal dari berbagai perusahaan startup yang akan memberikan atmosfer positif yang dapat meningkatkan mood lebih tinggi dan kemudian akan meningkatkan produktivitas.

2. Berbagi wawasan dengan penghuni lain
Tentunya di coworking space Anda akan menemui banyak orang dari startup yang berbeda-beda. Namun, pasti ada orang yang berada di bidang yang sama dengan Anda. Seperti contohnya, Anda dapat meminta saran atau berbagi wawasan dari orang lain dengan bidang yang sama sehingga Anda akan memiliki lebih banyak wawasan ketika berbicara dengan orang-orang dari startup lain.

3. Networking
Dalam membangun startup, salah satu hal yang mendukung keberhasilan adalah memiliki network atau jaringan yang luas. Di coworking space, Anda akan bertemu banyak orang yang berasal dari bidang startup berbeda-beda sehingga Anda mempunyai kesempatan untuk menambah dan memperluas jaringan sosial. Dengan memiliki jaringan yang luas, peluang untuk mendapatkan tawaran proyek baru atau kerjasama juga lebih besar.

4. Mendapat media exposure
Media exposure merupakan salah satu faktor yang dibutuhkan oleh sebuah startup untuk memperkenalkan produk atau layanan mereka ke publik. Semakin banyak orang yang mengetahui tentang produk startup Anda, akan semakin besar kemungkinan startup Anda menjaring pengguna baru yang banyak. Dengan coworking space, kesempatan Anda untuk bertemu dengan media akan semakin besar. Ini karena banyak coworking space yang menyediakan event startup dan seminar yang menarik perhatian media. Selain itu, banyak media yang sengaja berkunjung untuk mengulas coworking space maupun berkenalan dengan startup yang bekerja di coworking space tersebut.
Jadi, jika Anda tertarik bekerja di coworking space, Anda bisa langsung mencari tahu lebih lanjut mengenai coworking space khususnya di Jakarta dan mulailah pengalaman bekerja dan networking serta manfaat lainnya dalam mendukung perkembangan startupmu.
 
ini lebih mengutamakan untuk startup ya, bagi startup yang belum punya tempat, disediakan disini,, dan kadang ada juga yang ngasih modal awal untuk pengembangannya
 
Back
Top