Harga Minyak Mentah Selasa Ditutup Menguat Mantap

adidananto

New member
c282d-oil-platform-1-factsnotfantasy-blogspot-com_-700x357.jpg



Harga minyak mentah pada akhir perdagangan Selasa dini hari kembali mengalami peningkatan yang mantap (7/4). Harga minyak mentah teruskan kenaikan karena para investor merasa kurang yakin Iran akan serta-merta mampu menggenjot ekspornya setelah tercapai kesepakatan mengenai program nuklir Iran. Sementara itu kenaikan pasokan minyak mentah Amerika Serikat tampaknya juga akan mulai melambat.

Harga minyak mentah pekan lalu sempat mengalami penurunan tajam setelah Iran dan enam negara adikuasa yang berunding dengannya mengumumkan kerangka kesepakatan mengenai program nuklir negara tersebut. Akan tetapi harapan awal mengenai kenaikan ekspor minyak mentah terhambat oleh pandangan bahwa masih akan butuh waktu paling tidak satu tahun lagi untuk menghapuskan sanksi terhadap negara tersebut.

Sementara itu kenaikan harga minyak mentah juga terjadi setelah Genscape melaporkan bahwa pasokan minyak mentah di Cushing, Oklahoma, pekan lalu hanya naik sedikit saja. Kenaikan pekan lalu diperkirakan akan menjadi yang paling kecil sejak bulan November. Meskipun demikian laporan ini bukanlah laporan resmi. Departemen Energi AS baru akan merilis laporan resmi mengenai kenaikan/penurunan pasokan pada hari Rabu malam.

Harga minyak mentah berjangka jenis WTI untuk kontrak Mei yang merupakan kontrak paling aktif saat ini terpantau alami lonjakan tajam. Harga ditutup menguat sebesar 3,00 dollar atau 6,11 persen pada posisi 52,14 dollar per barel. Peningkatan harian ini merupakan yang paling tajam sejak tanggal 3 Februari lalu.

Sementara itu harga minyak mentah Brent di bursa komoditas London turut ditutup menguat. Kontrak Mei menguat sebesar 2,90 dollar di level 57,80 dollar per barel.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bahwa pergerakan harga minyak mentah jenis WTI kontrak paling aktif pada perdagangan hari ini akan bergerak sideways dan terbatas. Setelah terjadi lonjakan harga pada perdagangan sebelumnya cukup lazim jika harga mengalami konsolidasi pada perdagangan hari ini.

Untuk perdagangan hari ini harga minyak mentah WTI kontrak April diperkirakan akan mengalami level resistance di 54,00 dollar. Resistance selanjutnya ada di 55,00 dollar. Jika terjadi pergerakan retreat sehingga harga melemah support akan ditemui pada posisi 50,00 dollar dan 48,00 dollar.



Sumber http://commodity-academy.co.id/2015/04/07/harga-minyak-mentah-selasa-ditutup-menguat-mantap/
 
Back
Top