Beda Negara, Beda Pula Cara Menyapa

yogautomo69

New member
9899f-sapaan.jpg


Sapaan adalah cara kita berinteraksi dengan satu sama lain. Cara sapaan ini biasanya kita lakukan dengan berkata hai atau apa kabar dengan berjabat tangan. Namun di berbagai negara dengan suku yang bermacam--macam, melakukan sapaan dengan cara yang unik namun memiliki makna yang mendalam.

Berikut cara menyapa unik di dunia :

1. Menjulurkan Lidah Penghormatan Suku Tibet

tibet.jpg


Sejarahnya adalah jaman dahulu ada seorang raja kejam di Tibet bernama Lang Darma yang memiliki lidah hitam. Orang Tibet percaya bahwa raja ini akan bereinkarnasi. Oleh karena itu, mereka saling menyapa dengan menjulurkan lidah mereka, untuk membuktikan bahwa mereka bukan raja jahat yang bereinkarnasi.

2. Hongi Salam Penghormatan Selandia Baru

maori-culture-hongi-greeting_10916_600x450-440x330.jpg


Hongi sangat populer dalam kehidupan sehari--hari bahkan digunakan untuk berbagai upacara adat. Cara sapaannya hampir mirip dengan yang ada di Alaska, yaitu dua orang saling berhadapan, hidung bersentuhan lalu di tekan bersamaan. Cara ini membuat mereka percaya bahwa saat melakukan Hongi, berarti dua orang tersebut saling menukarkan ha atau nafas hidup.

Kalau Anda sudah melakukan Hongi ini untuk pertama kalinya, maka status kita akan meningkat dari manuhiri (tamu), menjadi tangata whenua yang berarti telah menjadi salah satu warga mereka. Yang unik dari suku ini, kalau kita sudah menjadi warganya, itu berarti kita diharuskan mengikuti segala kegiatan di daerah mereka.

3. Bertepuk Tangan Cara Menyapa di Zimbabwe

Gerakan tepuk tangan merupakan tradisi sapaan malam hari di Zimbabwe. Pria akan bertepuk tangan sebagai tanda ucapan halo kepada wanita dan selamat tinggal dengan tangan datar mereka. Tepukan yang cepat juga bisa berarti sapaan terima kasih.

4. Kunit Sapaan Hormat Suku Inuit

Gaya sapa penduduk yang berdomisili di Siberia Timur dan Alaska ini diambil dari tradisi suku Inult yang disebut Kunik. Di Alaska tradisi salam perkenalan dengan "Eskimo Kissing". Cara melakukannya dengan saling menggesekkan ujung hidung dengan lawan bicara.

5. Bow Atau Membungkuk Hormat di Jepang

bowing-282x300.jpg


Membungkuk adalah salah satu etiket salam yang paling terkenal di dunia. Di Jepang, membungkuk merupakan hal yang sangat penting dilakukan ketika bertemu kolega maupun orang yang lebih tua. Cara membungkuk di Jepang biasanya dengan mencondongkan tubuh dengan punggung tegak kedepan dan kedua tangan berada di samping badan (untuk laki-laki) sedangkan kedua tangan saling mengenggam di depan badan (untuk perempuan).

6. Salam Mencium Hidung Dengan Hidung di Oman

1q6qrxt52adc0g4cgg4s08s8o-650x430.jpg


Gaya sapa di Oman adalah mencium hidung dengan hidung. Cara berkenalan seperti ini dilakukan lebih banyak oleh para pria. Mereka saling mencium hidung dengan mendorong kepala masing-masing. Cara ini menunjukan kekerabatan dan kasih sayang yang dalam.

7. Meludah Sapaan Hormat Suku Masai Kenya

istock_000039074604_small.jpg


Ini merupakan cara menyapa paling aneh yang pernah ada dan masih berlangsung hingga kini. Saling meludah satu sama lain merupakan hal yang biasa dilakukan oleh orang-orang suku Massai di Kenya dan Tanzania sebagai tanda sapaan kepada teman. Bahkan meludah juga masih diterima saat menyapa orang tua, tetapi seorang anggota suku yang lebih muda secara tradisional akan meludah di tangannya sendiri sebelum menawarkan kepada anggota suku yang lebih tua untuk meludahnya sebagai tanda hormat.

Tradisi tersebut terus berlangsung hingga sekarang. Sapaan tersebut dipandang sebagai hal yang sopan dan sapaan tersebut digunakan sebagai sambutan adat, tradisi yang sudah berlangsung turun temurun.(psp)
 
1. Menjulurkan Lidah Penghormatan Suku Tibet
Sejarahnya adalah jaman dahulu ada seorang raja kejam di Tibet bernama Lang Darma yang memiliki lidah hitam. Orang Tibet percaya bahwa raja ini akan bereinkarnasi
itu si raja lidahnya hitam kemungkinan karena makanan, racun, penyakit/kelainan genetik dari lahir atau ketika dewasa

kemungkinan lainnya terutama karena sifatnya, jadi dikutuk atau semacamnya

tapi kasihan juga kalau ada bayi baru lahir di Tibet yang lidahnya hitam karena kelainan genetik, bisa diapain sama mereka, he





7. Meludah Sapaan Hormat Suku Masai Kenya
kalau dinegara lain biasanya sebaliknya ya, bukan hormat jadinya, he bahaya tuh kalau mereka ke negara lain
 
1q6qrxt52adc0g4cgg4s08s8o-650x430.jpg


aduh ini idungnya apa pada ga sakit apa ya? hahaha kalau sesama cwo sih enak kya gitu, kalau sama lawan jenis gini juga?
 
Back
Top