Warna Merah Vihara Avalokitesvarat Banten

yogautomo69

New member
bf7a1-vihara.jpg


Kota Serang Banten, VIHARA yang terletak diwilayah banten lama ini merupakan vihara tertua di Indonesia, bayangkan!, vihara ini didirikan sejak abad ke-16 oleh salah satu raja banten yaitu syeks syarif hidayatullah atau yang biasa kita kenal sebagai sunan gunung jati. Nama vihara ini diambil dari nama seorang budha yang bernama avalokitesvarat.

Sunan gunung jati mendirikan vihara tersebut karna dahulu beliau melihat begitu banyak perantau dari china yang membutuhkan tempat ibadah. Diketauhi sunan juga menikahi seorang putri tiongkok.

Bangunan vihara didominasi oleh warna merah. Didalam vihara terdapat 16 patung dewa yang tesebar diseluruh penjuru. Diantara patung-patung tersebut, patung dewi kwan im-lah yang tertua. Didatangkan langsung dari china, patung ini berusia 600 tahun. Patung ini adalah satu-satunya patung yang selamat dari peristiwa meletusnya gunung Krakatau.

Terdapat juga ukiran di dinding yang menceritakan peristiwa meletusnya gunung Krakatau pada tahun 1883. Letusan tersebut mengakibatkan terjadinya tsunami dan air bah menggelundung di luar vihara. Dan orang-orang berlindung didalamnya. Berdo’a agar selamat dari bencana itu. Dan air bah tersebut ternyata tidak masuk kedalamnya sehingga orang-orang yang berada didalam vihara tersebut selamat.

Akibat dari peristiwa itu masyarakat budha percaya bahwa vihara ini membawa keselamatan bagi banyak umat budha. Masyarakat budha dari luar daerah banten juga banyak yang datang untuk beribadah di vihara avalokitesvarat.(ben)

cahaya.co
 
Back
Top