Efek Kesehatan Terlalu Lama di Perjalanan Jauh

Kalina

Moderator
OKEZONE.COM, JAKARTA - Perjalanan pulang pergi dari rumah ke tempat kerja hanya memakan usia Anda. Tidak hanya kelelahan, stres dengan kepadatan jalan atau waktu pemberangkatan kendaraan umum yang tidak teratur, bisa bermanifestasi menjadi masalah kesehatan yang beragam.

Bila Anda sulit beradaptasi dan terus mengalami masalah kesehatan akibat ini, mungkin sudah saatnya mencari tempat tinggal yang lebih dekat atau mencari tempat kerja yang baru. Berikut adalah beberapa masalah yang bisa menjadi alasan untuk solusi ini seperti dilansir Time,Sabtu (11/4/2015).

Tekanan darah naik

Sebuah studi pada 4.297 penduduk Texas, Amerika Serikat, menemukan bahwa semakin jauh mereka tinggal dari tempat kerja, semakin tinggi tekanan darah mereka. Tekanan darah tinggi yang berkepanjangan adalah faktor risiko penyakit jantung dan stroke.

Kebugaran jantung menurun

Studi yang sama pada masyarakat Texas menemukan bahwa, orang yang biasa melalui perjalanan jauh memiliki tingkat kebugaran jantung dan aktivitas fisik yang rendah. Latihan kebugaran kardiovaskular penting untuk kesehatan jantung, termasuk untuk masalah berat badan.

Kolesterol meningkat

Laporan dari American Journal of Preventive Medicine menemukan bahwa pengguna transportasi umum yang melalui 10 mil sekali perjalanan memiliki kadar kolesterol tinggi. Yang mengerikan adalah, masalah kolesterol adalah peringatan sebelum penyakit jantung datang.

Tidur terganggu

Laporan pada 2012 menunjukkan bahwa, mereka yang pulang atau pergi dari rumah ke tempat kerja selama lebih dari 45 menit, memiliki kualitas tidur lebih rendah dan menderita kelelahan serius. Gangguan tidur akibat masalah yang dibiasakan dapat memberi efek domino bagi kondisi kesehatan lainnya.

Berat badan bertambah

Terlalu lama berada di jalanan memungkinkan risiko kelebihan berat badan semakin besar. Untuk itu, manfaatkan waktu singkat di tempat kerja atau untuk menjangkau transportasi dengan lebih bergerak lebih banyak.
 
Back
Top