Bahayanya Jarang Memeriksakan Mata

Kalina

Moderator
OKEZONE.COM, JAKARTA - Jangan abaikan kesehatan mata Anda, bahkan jika Anda berpikir penglihatan Anda masih sempurna. Kemampuan melihat bisa berubah tanpa Anda menyadarinya.

"Anda bisa mengalami penurunan fungsi melihat yang cukup besar. Namun, Anda mungkin tidak menyadarinya karena biasa berjalan dengan kedua mata terbuka," ujar Dr Andrew Iwach, MD, juru bicara dengan American Academy of Ophthalmology.

Ditambah lagi kegiatan harian Anda, seperti pekerjaan yang bisa mempengaruhi mata Anda. Menatap layar komputer, buku, atau dokumen dari jarak dekat sepanjang hari bisa membuat Anda secara bertahap mengembangkan rabun jauh.

Pemeriksaan mata perlu dilakukan, sekalipun jarang. Ini bukan hanya mengecek rabun mata, Anda juga bisa menjalani serangkaian tes yang dapat menunjukkan tanda-tanda glaukoma, degenerasi makula, diabetes, atau bahkan kanker, kata Dr. Iwach.

Mudahnya, jika Anda pernah memeriksa mata dan menerima hasil yang baik-baik saja dalam satu tahun terakhir, Anda dapat melakukan pemeriksaan berikutnya setiap lima tahun. Namun, jika Anda memiliki masalah kesehatan atau riwayat keluarga dengan kondisi penglihatan atau mata yang buruk, perpendek jarak pemeriksaan mata setiap dua sampai tiga tahun.

Sementara itu, pakailah kacamata hitam yang memberikan perlindungan 100 persen UV setiap kali Anda pergi keluar ruangan. Bahkan pada hari berawan, sinar UV matahari masih cukup kuat untuk menyebabkan kerusakan mata yang tak terlihat.

Saat di tempat kerja, istirahatlah sesekali dengan melihat pemandangan jauh di depan wajah Anda beberapa kali setiap jam. Berjalan keluar sejenak selagi bisa dapat membantu mencegah atau memperlambat kerusakan mata Anda. Demikian seperti dilansir Menshealth, Sabtu (11/4/2015).
 
Back
Top