Brokoli Jenis Ini Bisa Turunkan Kolesterol Jahat

Kalina

Moderator
brokoli-jenis-ini-bisa-turunkan-kolesterol-jahat-3RWukd2l1j.jpg



BROKOLI diketahui dapat mengurangi masalah kolesterol secara alami. Namun, para ilmuwan kini telah menciptakan versi baru dari brokoli yang bila dikonsumsi dapat membantu mengurangi kadar kolesterol jahat atau LDL sekitar 6 persen.

Variasi brokoli yang dikembangkan bisa mengandung senyawa glucoraphanin alami dua sampai tiga kali lebih banyak. Tim dari University of Reading melakukan dua studi independen yang diikuti total 130 relawan yang diberikan 400g brokoli glucoraphanin tinggi per minggu.

Setelah 12 minggu, para peneliti mengukur kadar kolesterol LDL dalam darah mereka yang rata-rata turun sekitar 6 persen. Seperti dilansir dari Timesofindia, Jumat (10/4/2015), kolesterol LDL merupakan faktor risiko yang dikenal untuk penyakit jantung.

Meskipun hasil dari penurunan tersebut pada uji coba itu terlihat kecil, pada tingkat populasi besar, penurunan satu persen kolesterol LDL diketahui dapat dikaitkan dengan penurunan 1-2 persen risiko penyakit arteri koroner.

Makanan atau bahan-bahan lain yang telah terbukti menurunkan kolesterol LDL adalah beta-glukan dalam gandum dan stanol tumbuhan. Mereka dapat mengurangi penyerapan kolesterol dalam tubuh.

okezone
 
Back
Top