Rumah Tenaga Matahari

Megha

New member
Di Amrik ternyata baru-baru ini abis ngadain kompetisi merancang Rumah Ramah Energi yang diAdain di national MAll ibukota Amrik Wahington sepekan yang lalu.

Sekilas deretan rumah yang berjajar di National Mall di Washington itu memamerkan bentuk minimalis yang sedang tren sekarang ini. Tak ada panel-panel surya sebesar lapangan bola di sebelahnya. Namun, bila diperhatikan, di atap semua rumah itu terpasang panel sel surya untuk menangkap energi matahari.

KOnsepnya begini Den, Bagaimana menangkap energi terbarukan dan menggunakannya secara efisien untuk semua kebutuhan rumah tangga memang menjadi tantangan dalam kompetisi ini. Dalam lomba selama sepekan itu, 20 tim perguruan tinggi unjuk kebolehan dalam merancang, membangun, dan mengoperasikan tempat tinggal yang memenuhi semua standar layak huni, hemat energi, dan cuma menggunakan tenaga surya sebagai sumber listrik.

Pemenangnya adalah tim yang mampu menggabungkan kenyamanan modern dan estetika dengan produksi energi maksimum dan efisiensi optimal.
NAh dimenangkan oleh pemenangnya adalah tim dari Technische Universitat Darmstadt, Jerman. Mereka berhasil mendepak tim University of Colorado, yang dua kali menang ajang dasalomba pada 2002 dan 2005.


Hmm.. apa berarti rumah itu gak perlu lagi bayar ke PLN yah?
 
bagus juga idenya untuk menggunakan sumber daya alam yang ramah lingkungan seperti tenaga matahari. Tapi diindonesia justru akan merintis sumber listrik aman lingkungan seperti fuel cell.
 
Yah... salah satu terobosan mencari energi alternatif......

Tp kyknya di indonesia, hal kyk gitu kurang diminati
 
sebenarnya aku masih penasaran sh mengenai tenaga matahari mungkin ada yang bisa kasih informasi bagaimana proses pembuatan atau konsep dari tenaga matahari itu sendiri.... thnas b4 yach
 
konsep dasarnya menyimpan energi dari sinar matahari yang ditangkap oleh panel surya untuk diubah menjadi energi listrik.
Coba bayangkan apabila seluruh rumah diindonesia memiliki alt ini.....!
berapa yang akan dihemat oleh negara?
 
Seperti pemanas air tenaga matahari. Mungkin rumah energi ini merubah panas matahari menjadi energi listrik atau yang lainnya. Klo diterapkan di Indonesia gimana nasib PLN ntar<3D
 
Back
Top