Harga Emas Berakhir Negatif, Sempat Kuat Oleh Anjloknya Dollar

adidananto

New member
emasUS-700x357.jpeg



Pada akhir perdagangan sesi AS dini hari tadi (15/4), harga emas spot ditutup melemah melanjutkan pelemahan sesi sebelumnya. Dua kali pelemahan yang terjadi belakangan ini mengkoreksi penguatan pada perdagangan akhir pekan lalu. Sepanjang perdagangan semalam, sempat terjadi penguatan terhadap harga emas sesaat setelah data penjualan ritel direlease hingga akhirnya ditutup melemah.

Penurunan harga emas terjadi disebabkan beralihnya pada pelaku pasar kepada investasi komoditas lainnya seperti minyak mentah. Komoditas lain yang diperdagangkan di bursa dengan mata uang dollar mulai dilirik karena asumsi para pelaku pasar terhadap risiko di pasar keuangan mulai berkurang.

Harga emas spot pada perdagangan sesi AS yang berakhir dini hari tadi ditutup di level $ 1.192,45 per troy ons melemah 0.44% atau sebesar 5.32 poin dibandingkan dengan penutupan periode sebelumnya yang berada di level $ 1.197,77 per troy ons. Pada perdagangan tersebut, harga bergerak dikisaran $ 1.183,86 – $ 1.201.39 per troy ons. Hingga saat ini pergerakan harga emas spot terpantau di kisaran $1.194 per troy ons.

Demikian juga dengan harga emas berjangka di bursa Comex pada pagi hari ini terpantau berada di kisaran $ 1.192,6 per troy ons. Pelemahan terjadi pada emas spot sebesar 0,55% atau 6.7 poin dari periode sebelumnya $ 1.199,3 per troy ons.

Analyst Vibiz Reseach Center memperkirakan pada perdagangan selanjutnya pergerakan harga emas spot akan bergerak mixed akibat sentimen data AS yang akan direalease pada hari ini diperkirakan hasilnya mixed juga. Namun data produksi industry AS akan menjadi perhatian utama pada perdagangan hari ini. Data ini diproyeksi menurun sehingga diperkirakan akan menekan nilai dollar yang memberikan sentimen positif terhadap emas.

Pergerakan harga emas spot untuk perdagangan selanjutnya diperkirakan akan mencoba menembus level resistance di $ 1.201,74 per troy ons hingga level resistance berikutnya di $ 1.214,32 per troy ons. Apabila bergerak melemah, maka pergerakan harga akan mencoba menembus level support di 1.183,73 hingga level support selanjutnya di 1.175,04.



Sumber http://commodity-academy.co.id/2015/04/15/harga-emas-berakhir-negatif-sempat-kuat-oleh-anjloknya-dollar/
 
Back
Top