Apa perbedaan JQUery, JQUeryUI, dan JQUery Mobile?

jaya28inside

New member
jquerymobile.png

JQuery Mobile ialah versi HTML5 UI development yang telah dioptimalkan untuk mempermudah tampilan web browser pada mobile device seperti table, smartphone, dan lainnya.

JQuery Mobile disusun dengan komponen JQuery Library Core, didalamnya tersedia HTML dan XML DOM traversing manipulation, handling events, serta mempermudah komunikasi server dengan ajax, animasi, dsb. JQuery Mobile juga memiliki library tambahan lainnya yang akan dibahas dihalaman ini.


Kenapa Harus JQuery Mobile?

Ada beberapa mobile device yang berbeda sistem operasinya seperti Android, BlackBerry, iOS, Windows Phone, Nokia, Symbian, dll. Devices ini memiliki perbedaan browsernya masing-masing. Ketimbang mendevelop dibeberapa device, jQuery Mobile hadir dengan fitur cross-platform website / app yang bisa diterapkan sekali dan dipakai dibeberapa OS dengan basic HTML, CSS, dan javascript yang standard.


Fitur-Fitur JQuery Mobile.

Beberapa fitur JQuery Mobile diantaranya ialah:
1) Javascript yang lebih optimal untuk smart-phone & tablet.
2) OpenSource dan dapat diterapkan pada seluruh penggunaan.
3) Cross-Platform, Cross-Device, dan Cross-Browser compatible.
4) Memiliki basis JQuery UI Core.
5) Konfigurasi HTML 5 dengan minimal scripting.
6) User Interface system yang tergabung pada seluruh mobile platform.
7) Speed yang lebih Optimal karena minimal image dependency (12KB)
8) Menerapkan teknik responsive design yang mudah disesuaikan pada skala smart-phone, tblet, maupun desktop.
9) Navigation system berbasis Ajax dengan animasi pada setiap transisinya.
10) Tetap menggunakan mouse event + touch event untuk UX terbaik.


JQuery vs JQueryUI vs JQuery Mobile

jquerymobile2.png

JQuery (Core) sengaja didisain sedemikian rupa untuk menstandarisasikan script pada setiap browser. Fokusnya pada low-level element, DOM, attribute, melakukan HTTP Request, dsb.

JQueryUI ialah sejumlah komponen UI yang didesain diatas JQuery Core, dan itu artinya JQueryUI perlu akan JQuery Core. Misalnya UI yang telah tersedia ialah, dialog box, buttons, sliderds, tab, dan animasi lainnya. Jika anda ingin fitur tambahan dari Jquery Core, maka tidak ada salahnya gunakanlah JQueryUI.

JQuery Mobile lain lagi, karena disini komponen utamanya mengandalkan kedua JQueryCore & JQueryUI tadi. Keduanya dipakai sehingga memaksimalkan komponen UI dan fitur2 API yang ada dalam membuat web/app versi mobile. Kelebihan lainnya, di JQuery Mobile ini pula ada fitur native nya yang khusus kepada device tertentu.

Terakhir, jika JQuery Core dan JQueryUI bertindak pada CSS + HTML dengan cara mengguakan markupnya, maka JQUery Mobile memanipulasi komponen dengan HTML data-* attribut.

Artikel asli.

 
Back
Top