Lima Tips Diet Sehat Untuk Mendapatkan Tubuh Ramping Ideal

groom

New member
Selain untuk mendapatkan tubuh ramping ideal, diet sehat juga berguna untuk menjaga tubuh tetap sehat. Dengan mengkonsumsi nutrisi dan gizi seimbang membuat kekebalan tubuh semakin meningkat.

Berikut beberapa tips diet sehat yang bisa dicoba untuk menjaga berat badan tetap ideal sepanjang waktu.

Mengkonsumsi biji-bijian

Biji-bijian yang bisa dengan mudah kita dapatkan memiliki kandungan serat tinggi, biji-bijian juga termasuk dalam kelompok makanan yang menjadi sumber karbohidrat sehat.

Salah satu jenis biji-bijian yang banyak direkomendasikan oleh dokter adalah gandum. Menurut para ahli, orang yang mengkonsumsi gandum memiliki jantung lebih sehat dibanding orang yang tidak mengkonsumsinya secara rutin.

Penuhi asupan protein

Protein adalah nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh untuk pembentukan otot dan menjaga sel serta jaringan tubuh tetap sehat.

Namun begitu, protein dapat membawa bumerang bagi orang yang memakannya secara berlebihan. Efek dari konsumsi protein berlebih diantaranya adalah kerusakan organ ginjal, diabetes dan lain sebagainya.

Maka dari itu dibutuhkan sedikit pengetahuan untuk mengetahui berapa banyak protein yang dibutuhkan tubuh setiap harinya.

Dikutip dari berbagai sumber, jumlah protein harian yang kita butuhkan adalah senilai dengan berat badan dikalikan dengan 0,8.

Konsumsi lemak sehat

Tidak semua lemak berdampak buruk bila dikonsumsi, salah satu jenis lemak yang baik untuk dikonsumsi adalah lemak sehat. Lemak ini berguna untuk menjaga kesehatan rambut, jantung, kulit dan otak.

Lemak ini tidak berbahaya dan baik dikonsumsi saat menjalankan diet sehat. Adapun makanan yang menjadi sumber lemak sehat diantaranya:
  1. Biji bunga matahari
  2. Ikan salmon
  3. Ikan teri
  4. Biji labu
  5. Jagung
  6. Sarden
  7. Alpukat
  8. Kenari
  9. Minyak zaitun

Beberapa diantaranya bahkan bisa kita dapatkan secara mudah dan gratis.

Membatasi asupan lemak jahat

Agar diet sehat yang kita jalankan tidak terkendala apapun, maka salah satu cara yang harus ditempuh adalah dengan membatasi atau mengurangi konsumsi makanan yang mengandung lemak jahat atau lemak tidak sehat.

Jenis lemak ini banyak ditemukan pada makanan berikut ini:
  • Daging merah
  • Produk susu
  • Kerupuk
  • Makanan olahan
  • Makanan cepat saji
  • Gorengan
  • Margarin
  • Sebagian besar cemilan yang beredar di pasaran

Dengan membatasi asupan lemak tak sehat, maka berat badan akan semakin cepat diturunkan.

Mengkonsumsi buah dan sayur

Mulailah untuk membiasakan diri mengkonsumsi buah dan sayur-mayur secara rutin. Makanan ini banyak mengandung nutrisi, gizi, dan mineral penting yang dibutuhkan tubuh.

Dengan mengkonsumsi buah serta sayur secara rutin maka berat badan akan turun dengan sendirinya berkat metabolisme yang terjaga dengan baik.

Itulah lima tips diet sehat yang bila dilaksanakan dengan benar dapat menurunkan berat badan dan membantu kita untuk mendapatkan tubuh ramping ideal.

Sumber: sukawera.com
 
Back
Top