Bagaimana cara meng-edit mentahan Image (Raw file)

jaya28inside

New member
Dalam tutorial kali ini anda akan dibimbing untuk bisa meng-edit gambar mentahan (RAW) 2x dan menggabungkannya untuk mendapatkan hasil yang terbaik.

image_1.jpg


File mentahan (RAW file) terdiri dari beberapa informasi warna, dan juga tingkat kecerahan suatu gambar, yang mana dapat anda maximalkan hasil akhirnya nanti.

Dengan bantuan Graduated Filter pada Photoshop, anda dapat menerangkan atau bahkan menggelapkan beberapa area tanpa merubah struktur / corak yang terdapat pada image tersebut.

Pada gambar pertama, tingkat kecerahan langit nampak lebih cerah dengan warna kuda yang agak sedikit redup, yang pada kenyataannya kameramen seharusnya memperbaiki posisi pengambilan image tersebut.

Dan memang benar, bahwa area langit lebih banyak ter-expose sehingga warna kuda menjadi ter-tahan (gelap) oleh sisanya. Maka ada 4 bagian yang hilang disini, yakni bayangan (shadows), midtones, dan pencahayaan.

Pada tutorial kali ini, kita akan memproses file mentahan ini sebanyak 2x. Pertama, anda akan menambahkan pencahaaan agar detail shadow pada tanah lebih terkendali, lalu membuat lagi versi yang satunya untuk mengembalikan pencahayaan dari langit tersebut.

Anda perlu mengambil dua image pada photoshop, pertama gunakan extra tool seperti layers, brush tips dan layer mask untuk mencampurkan kedua image tersebut agar menjadi satu:

image_2.jpg



LANGKAH-LANGKAHNYA:


1. Mulai dari Langit
Unduh dulu image mulanya (File > Open) Lalu arahkan ke file : horse.dmg.
Klik lalu buka dengan Camera Raw. Tekan tombol 'O' untuk melihat area yang ditandai. Gunakan detail berikut ini :
Exposure -0.65
Highlight -41,
Whites -22,
Clarity +11,
Vibrance +42.

Pada saat menggunakan Graduated Filter, lalu gunakan pada bagian atas kuda tersebut :
Exposure -70,
dan Highlight -34

image_3.jpg




2. Namai Langit
Buka Image tersebut dengan Photoshop biasa, lalu Save As gunakan nama 'Composite', lalu gunakan format Photoshop. Save, dan mulailah mengedit pada Layer Pane, double klik pada Background Layer yang terkunci untuk membukanya. Gunakan nama 'Sky Layer'. OK.

image_4.jpg




3. Pada Kuda
Buka File Open Horse.dng, pada perubahan sebelumnya, klik Default, tarik Clarity dan Vibrance ke 0, lalu Klik Graduated Filter, pilih Clear All. Pada Basic panel, klik Zoom tool, lalu arahkan Exposure ke +0.45 dan Shadows ke +52, Highlights ke -77, dan Whites -23, Clarity +24, dan Vibrance +44.

image_5.jpg




4. Menghilangkan Efek Chrome
Sekarang gambar kuda sudah semakin terang, langkah berikutnya ialah memberikan tingkat kecerahan lebih. Gunakanlah Zoom tool ke 100%, lalu perhatikan pada bagian pinggirannya. Klik Lens Correction panel, lalu klik Color tab, lalu Klik Remove Chromatic Aberration.

image_6.jpg



5. Tambahkan Mask
Klik Open Image, Pilih Select >> All, Edit >> Copy. Pada composite.psd tab, Edit >> Paste. Sekarang anda memilikiLayer untuk Kuda dan Langit masing-masing satu. Pada Layer Kuda, klik Layer >> Layer Mask >> Reveal All. Maka seluruh White Mask akan muncul. Lalu pada Gradient Tool tekan D, Klik Linear Gradient gunakan Reverse.

image_7.jpg



6. Penggabungan Layer
Klik pada bagian kiri atas tarik garis diagonal Gradient secara Horizon. Berkat bantuan Mask, kini anda dapat melihat kuda dari Layer paling atas dan Langit pada Layer paling bawah. Gradient yang dipergunakan akan memberikan efek overlapping pada Kuda. Lalu klik File >> Save dan simpan Exposure sebagai PSD file.

OPSI LAIN
Sebenarnya ada cara lain jika ingin memberikan efek seperti ini. Anda bisa saja menggunakan tonal sliders pada Basic Panel lalu terangkan atau gelapkan tonal range nya. Tetapi ingat, dengan cara ini bagian detail tidak akan nampak begitu jelas.

Cara yang mirip seperti ini ialah dengan menggunakan Graduated Filter tool pada Adobe Camera Raw lalu pilih bagian tergelap pada Langit, dan Overlapping pada Kuda sehingga anda akan mendapatkan hasil yang lebih gelap.


 
Back
Top