Perihal Ngaben

ya iyalah ngaben = upacara kremasi di bali
cuman gimana detailnya..gimana filosophi nya etc
tq dah...gw googling aja
 
setahu saya dalam konsep agama Hindu, manusia itu dicipakan oleh lima unsur kehidupan yaitu : tanah, air, udara, api dan ether. karena manusia diciptakan melalui lima unsur tersebut maka ketika seorang manusia meninggal dia harus dikembalikan kelima unsur tersebut. yang salah satu prosesnya adalah dikremasi atau dibakar dan pada proses paling akhir nanti abu dari jenazah akan dikembalikan ke laut/air.
 
Ngaben sendiri adalah peleburan dari ajaran Agama Hindu dengan adat kebudayaan di Bali. Di setiap daerah di Bali adalah hal yang lazim jika urutan acara dalam tata cara pelaksanaan Ngaben akan berbeda walaupun esensi upacara tersebut sama. Ini berkaitan dengan kepercayaan adat Bali yang mengenal adanya Desa Kala Patra yang secara harfiah di terjmahkan menjdai Tempat waktu dan Keadaan.
Ngaben sendiri menurut pengamatan saya bisa di kategorikan dalam berbagai macam tergantung dari siapa yang melakukan, di mana dan kapan.
Siapa ini maksudnya adalah; dari kelompok strata sosial mana mereka berasal, yang bisa juga di atributkan dari kemampuan dan sokongan finansial pada saat melakukan upacara ngaben.
Dimana; boleh di artikan dari tulisan saya di atas tergantung di daerah mana mereka melakukan upacara ngaben tersebut.
Kapan; disini di maksudkan untuk apakah jasad yang di aben masih ada atau sudah tidak ada;karena berkaitan dengan tata cara pelaksanaan upacara ngaben tersebut.

Ngaben sendiri mungkin mengambil dari bentuk baru tata cara kremasi di India dan di sesuaikan dengan adat kebudayaan masyarakat Bali sehingga bentuk pelaksanaanya boleh jadi terlihat megah dan semarak.

Esensi Ngaben sendiri pada dasarnya adalah pengejawantahan dari salah satu ajaran Hindu "bersatunya atman dengan parama atman" dan Ngaben adalah salah satu dari tata cara cara melakukan yadnya kepada orang yang meninggal ataupun telah meninggal dalam waktu yang lama.

Paparan saya di atas adalah pendapat pribadi penulis dan tentu saja akan terjadi banyak sudut pandang akan pengertian Ngaben.
Semoga jawaban saya bermanfaat
 
Dalam ajaran agama Hindu ngaben adalah suatu bentuk upacara penghormatan terhadap orang yang telah meninggal. Dimana dalam ajaran agama Hindu di Bali itu sendiri mempercayai bahwa badan jasad kasar manusia ini dibentuk oleh 5 unsur alam yang disebut dengan Panca Maha Butha. (Api, air, tanah udara, dan ether), melalui upacara ngaben ini sang keluarga yang ditinggal ingin mengembalikan perwujudan badan kasar ini ke tempat asalnya semula yaitu unsur panca maha butha itu seendiri. Dan jiwa atau spirit yang bersemayam di badan kasar itu memperoleh tempat yang baik di alamNya atau di Bali kita sebut dengan istilah Amor ring Acintya atau bersatu dengan kepribadian Yang Maha Esa.
 
Dalam ajaran agama Hindu ngaben adalah suatu bentuk upacara penghormatan terhadap orang yang telah meninggal. Dimana dalam ajaran agama Hindu di Bali itu sendiri mempercayai bahwa badan jasad kasar manusia ini dibentuk oleh 5 unsur alam yang disebut dengan Panca Maha Butha. (Api, air, tanah udara, dan ether), melalui upacara ngaben ini sang keluarga yang ditinggal ingin mengembalikan perwujudan badan kasar ini ke tempat asalnya semula yaitu unsur panca maha butha itu seendiri. Dan jiwa atau spirit yang bersemayam di badan kasar itu memperoleh tempat yang baik di alamNya atau di Bali kita sebut dengan istilah Amor ring Acintya atau bersatu dengan kepribadian Yang Maha Esa.Dalam prosesi ngaben tersebut ketika api mulai disulut, perlahan-lahan kobaran api itu akan membesar dan mulai berkobar menyulut jenazah. Perlahan namun pasti kobaran api suci tersebut akan mulai menghanguskan jazad yang dipercaya pila menghanguskan segala ikatan keduniawian dari jenazah sang meninggal tersebut. Dimana bila ikatan keduniawian telah terlepas maka semakin terbukalah kesempatan untuk melihat kebenaran dan keabadian suci illahi di alam sana yang diharapkan akan mampu untuk mengantarkan sang yang meninggal tersebut untuk mencapai moksa.. (BERSATUNYA ATMAN DENGAN PARATMAN)....YOGIK. Balidamai
 
Back
Top