Harga Minyak Mentah WTI dan Brent Mixed Akibat Tarik-Menarik Sentimen

adidananto

New member
Oil-Offshore-700x357.jpg



Di penutupan perdagangan akhir pekan lalu harga minyak mentah jenis WTI dan Brent mengalami pergerakan yang mixed (27/4). Harga minyak WTI mengalami penurunan setelah data menunjukkan bahwa operasi pengeboran di Amerika Serikat mengalami penurunan makin tajam minggu ini. Sedangkan harga minyak mentah Brent justru mengalami kenaikan hingga mendekati level paling tinggi dalam 4,5 bulan.

Jumlah tambahan pengeboran yang tidak beroperasi minggu lalu dilaporkan mencapai 31 titik. Saat ini jumlah titik pengeboran minyak mentah di Negeri Paman Sam hanya tersisa 703. Laporan tersebut dirilis oleh perusahaan jasa perminyakan Bake Hughes.

Sementara itu pergerakan harga minyak mentah Brent mengalami peningkatan setelah dikabarkan bahwa pertempuran di Yaman menciptakan ketegangan yang makin kuat di Timur Tengah. Arab Saudi dan koalisinya terus melakukan penyerangan terhadap pemberontak Houthi di selatan Yaman.

Harga minyak mentah WTI untuk kontrak Juni yang merupakan kontrak paling aktif saat ini mengalami penurunan sebesar 59 sen atau sebesar 1,02 persen pada akhir perdagangan Sabtu dini hari lalu. Harga komoditas ini ditutup pada posisi 57,15 dollar per barel.

Harga minyak mentah Brent sebaliknya ditutup dengan kenaikan mantap. Harga menguat sebesar 50 sen di posisi 65,30 dollar per barel. Harga minyak mentah Brent pada perdagangan terakhir pekan lalu sempat mencapai level 65,80 dollar, tertinggi sejak tanggal 10 Desember.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bahwa pergerakan harga minyak mentah jenis WTI kontrak paling aktif pada perdagangan hari ini di sesi Asia akan cenderung melanjutkan pelemahannya. Secara teknikal harga minyak mentah sedang mengalami pergerakan konsolidasi setelah minggu lalu mengalami kenaikan mantap hingga mencapai posisi paling tinggi sejak bulan Desember.

Untuk perdagangan hari ini harga minyak mentah WTI diperkirakan akan mengalami level resistance di 59,00 dollar. Resistance selanjutnya ada di 60,00 dollar. Jika terjadi pergerakan melemah support akan ditemui pada posisi 55,00 dollar dan 53,00 dollar.



Sumber http://commodity-academy.co.id/2015/04/27/harga-minyak-mentah-wti-dan-brent-mixed-akibat-tarik-menarik-sentimen/
 
Back
Top