Penyakit Maag dan Pengobatannya

buenoseo

New member
Penyakit maag (gastritis) dikenal pula dengan sebutan radang lambung. Maag terjadi jika asam dalam lambung menghasilkan kadar asam lambung dalam jumlah yang banyak. Maag bisa menyerang siapa saja. Penyakit ini tidak mengenal jenis kelamin pria maupun wanita. Penyakit maag juga tak mengenal batasan usia, namun maag ini seringkali menyerang orang dewasa.

Penyebab Utama dan Pencegahannya

Penyebab utama terjadinya penyakit maag adalah produksi asam lambung yang berlebihan. Asam lambung pada dasarnya sangat dibutuhkan oleh tubuh jika produksinya normal. Asam lambung berguna untuk membantu sistem pencernaan dengan mengolah makanan yang dikonsumsi. Namun bila berlebihan, maka asam lambung justru tidak baik bagi pencernaan.

Penyakit maag tidak terjadi dan datang dengan sendirinya. Penyebabnya bermacam-macam, bisa dipicu oleh kebiasaan mengkonsumsi makanan dan minuman yang tidak terkendali dan tidak seimbang. Kebiasaan tidur sesudah makan juga bisa memicu maag. Stress juga berperan besar sebagai pemicu munculnya maag. Itulah penyebab dan pemicu terjadinya maag. Untuk pengobatan sendiri maag harus disembuhkan dengan cara aman dan obat sakit maag yang aman.

Penyakit maag bisa dicegah dengan mengurangi konsumsi makanan dan minuman yang bisa memicu terjadinya penyakit maag. Makanan yang mengandung terlalu banyak asam atau makanan pedas akan membuat asam lambung meningkat dan mengganggu keseimbangan lambung. Beberapa buah-buahan pun dapat memicu terjadinya penyakit maag seperti jeruk, nangka, tomat, kol, ubi dan sawi. Minuman yang bersoda dan berkafein juga kurang baik bagi penderita maag.

Penggunaan pakaian, celana atau ikat pinggang yang terlalu ketat tidak baik bagi penderita maag. Pakaian ketat akan membuat tekanan di bagian perut sehingga gas dalam lambung akan membuat bagian katup lambung dan tenggorokan (lower esophagea spinchter) ikut terdorong.

Selain itu, biasakanlah makan dengan teratur, tepat waktu, dan dengan porsi yang seimbang. Kebiasaan sarapan pagi sebaiknya jangan ditinggalkan. Penyakit maag meskipun kadangkala gejalanya tidak terlalu parah, namun tetap tidak boleh disepelekan begitu saja. Penyakit maag bukan penyakit tunggal. Penderita maag kurang menyadari resiko lain dari maag. Maag bisa memicu penyakit lain seperti kanker lambung, penyakit jantung hingga resiko kematian.

Obat Sakit Maag

Obat sakit maag yang sering digunakan dalam dunia medis bermacam-macam. Sebutlah simetidin, ranitidine, antasida, pankreatin, pompa proton, dan agen cytopropektif. Obat-obatan ini dapat menetralkan asam lambung bagi penderita maag, namun bisa menimbulkan efek samping bagi penderitanya. Oleh karena itu,
Obat sakit maag yang cukup sederhana adalah makan tepat waktu dengan makanan sehat dan porsi cukup. Namun, cara tersebut hanya bersifat meringankan. Ada beberapa ramuan herbal yang bisa digunakan. Ramuan herbal ini berkhasiat untuk mengatasi sakit maag.

Pertama, kunyit. Kunyit tidak hanya bisa digunakan untuk bumbu dapur maupun jamu kebugaran, namun juga bisa mengobati maag. Kedua, kencur bisa direbus dengan air matang maupun dikunyah secara langsung. Khasiatnya baik untuk penderita maag. Ketiga, menggunakan ramuan dari campuran bahan jahe, kencur, lempuyang, dan bangle. Gunakan masing-masing 1 jari dari ramuan tersebut, kemudian cuci hingga bersih. Rebus semua bahan hingga matang. Minum airnya saja dua kali sehari sebelum atau sesudah makan. Keempat, daun atau pelepah lidah buaya dan madu. Gunakan daun atau pelepahnya kemudian bersih dengan cara membuang lendirnya. Potong-potong. Setelah bersih hancurkan dengan blender seperti membuat jus. Tambahkan madu. Ramuan ini baik untuk maag. Minum pagi atau sore hari.

Selain obat sakit maag di atas, kini ada ramuan tradisional yang sudah diolah sehingga lebih praktis yaitu maggo. Maggo merupakan obat sakit maag yang dibuat dari bahan herbal alami seperti kunyit, cengkeh, lengkuas, jamur kuping, dan kacang hijau.Bahan-bahan dalam maggo akan bekerja maksimal mengatasi dan mengobati penyakit maag baik maag akut maupun kronis. Maggo tidak mengandung efek samping karena bahannya alami dan berkhasiat menetralkan asam lambung, mengatasi gangguan pencernaan, kembung, dan tentu saja penyakit maag itu sendiri.
 
Yang pasti kalo udah punya magh atau kena magh kronis, harus dijaga pola makan dan pola hidupnya bener2, soalnya kalo ngga, malah gampang tumbang. #pengalamanpribadi nih. ;)
 
Back
Top