4 Langkah meminimalisir kejahatan di jalan

acamitraca

New member
pencurian-kaca-spion-mobil.jpg


Kejahatan memang sesuatu yang cukup sulit untuk dihindari. Sifatnya seperti penyakit, mau kaya, miskin, semuanya bisa kena tanpa terkecuali. Hal ini membuat banyak sekali pengguna mobil atau motor resah, karena seringkali kejahatan tetap eksis sekalipun ada petugas polisi yang juga bekerja siang malam.

Kejahatan yang timbul disebabkan beberapa hal. Yang paling utama seringkali adalah karena penjahat yang melihat satu kesempatan dan kemudian memanfaatkan kelengahan dan ‘sifat pamer’ dari pemilik kendaraan. Meskipun pada dasarnya para pemilik kendaraan juga tidak bisa sepenuhnya disalahkan.

Dari situlah terkadang para pengguna mobil dan motor berusaha mengakali dengan berbagai macam tips dan trik supaya mereka dan keluarga tidak menjadi korban keganasan para pelaku kriminal. Berikut ada 4 langkah utama yang bisa dilakukan supaya kejahatan bisa diminimalisir dari diri sendiri.

1. Kesadaran Diri
Kesadaran dari diri sendiri merupakan kunci dari tips mengatasi dan menghindari kejahatan yang berpotensi merenggut harta bahkan nyawa. Menggunakan perhiasan minim dan aksesoris yang tidak terlalu mencolok terutama saat mengendarai motor di siang hari.

Saat memiliki lebih dari satu mobil juga diusahakan menggunakan mobil yang sederhana saja saat berkendara di malam hari. Intinya adalah supaya terhindar dari kejahatan diusahakan menghindari sesuatu yang mencolok sehingga mengurangi perhatian dari para penjahat.

2. Waspada
Kewaspadaan memang jadi modal utama para pemilik kendaraan bermotor terutama saat malam hari yang memerlukan kewaspadaan (alert) lebih tinggi daripada siang hari, meskipun bukan berarti saat siang hari para pemilik kendaraan bisa berleha-leha dan tidak memperhatikan sekitarnya.

Salah satu kasus yang sering terjadi adalah penggunaan jebakan paku yang disebarkan oleh para pelaku kejahatan. Saat dirasa mobil sudah oleng, harus waspada juga dimana pengendara akan memberhentikan kendaraannya untuk memeriksa mobil yang terkena paku. Akan jauh lebih baik jika berhenti di tempat yang terang dan banyak orang sehingga terhindar dari incaran para penjahat.

3. Antisipasi
Antisipasi kejahatan adalah salah satu cara menghindarkan diri dari kriminalitas sedari dini, dan dengan melakukan antisipasi, sewajarnya para calon korban bisa lebih aman dan tidak perlu berurusan dengan begal atau pencuri yang biasanya mangkal di tempat-tempat tertentu.

Mengantisipasi kejahatan bisa dilakukan dengan menentukan rute terlebih dahulu sebelum berangkat menuju tempat yang ditentukan. Di jaman serba modern, mengetahui rute dan posisi dari google map, atau mendapatkan informasi dari berita-berita bisa sangat membantu supaya kejahatan tidak datang kepada penghuni kabin dan pengendara motor.

4. Sikap
Sikap dari pengendara juga akan sangat menentukan apakah potensi kejahatan yang akan masuk besar atau kecil. Dengan melakukan sikap yang sederhana dan tidak melakukan tindakan-tindakan aneh saat berada di perjalanan, itu berarti sama dengan mengurangi potensi kejahatan.

Seringkali dijumpai banyak mobil mewah dengan khas sporty menyetel musik kencang-kencang dan terdengar sampai luar mobil saat berhenti di lampu merah. Dan hendaknya akan lebih baik pula jika mengurangi aksesoris pada bagian luar mobil seperti neon. Karena jelas yang demikian akan memancing mata para pelaku kejahatan tersebut.

Sumber: www.infoasuransimobil.com
 
Back
Top