The Fed Ragu Naikin Suku Bunganya, Harga Emas Diturunkan

adidananto

New member
gold-2-800-540-700x357.jpg



Harga emas spot LLG pada akhir perdagangan Kamis dini hari tadi mengalami penurunan setelah selama dua sesi berturut-turut sebelumnya menguat dengan tajam (30/4). Harga logam mulia ditutup dengan membukukan penurunan setelah Fed memberikan sinyal bahwa bank sentral akan mengambil pendekatan meeting-by-meeting mengenai kapan waktu yang paling tepat untuk mulai menaikkan suku bunga acuan.

Di akhir pertemuan yang berlangsung selama dua hari tersebut dini hari tadi Fed menunjukkan bahwa kondisi sektor tenaga kerja di Amerika Serikat masih lemah. Highlight yang diberikan oleh Fed tersebut merupakan sinyal bahwa bank sentral masih ragu untuk mulai menaikkan suku bunga acuannya tahun ini.

Mata uang dollar AS yang telah mengalami penurunan hingga mencapai posisi paling rendah dalam dua bulan tampak mengalami rebound pada perdagangan malam tadi setelah keluarnya pernyataan Fed. Kenaikan nilai tukar dollar tersebut juga menjadi sentimen negatif untuk pasar emas.

Harga emas spot terpantau mengalami penurunan hingga sempat mencapai level harian terendah di posisi 1201,13 dollar per troy ons. Selama dua sesi sebelumnya harga emas sempat mengalami kenaikan sebesar 3 persen dan mencapai posisi paling tinggi dalam tiga minggu belakangan pada hari Selasa kemarin.

Harga emas berjangka Comex untuk kontrak pengiriman bulan Juni juga ditutup di zona merah. Harga turun sebesar 3,90 dollar dan ditutup pada posisi 1210 dollar per troy ons. Harga sempat mengalami peningkatan hingga ke level tertinggi sejak tanggal 7 April pada sesi perdagangan sebelumnya.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bahwa pergerakan harga emas spot LLG hari ini akan bergerak dengan kecenderungan melemah terbatas di sesi Asia. Harga emas saat ini sedang mengalami koreksi teknikal dan masuk ke dalam pola konsolidasi.

Pada perdagangan hari har ini harga emas berpotensi mengetes level resistance pada posisi 1.215 dollar per troy ons. Jika berhasil ditembus harga akan melanjutkan kenaikan lagi ke posisi 1.220 dollar. Sedangkan jika terjadi pergerakan yang melemah harga akan mengetes level support pada posisi 1.195 dollar. Jika berhasil ditembus harga akan melanjutkan pelemahan ke posisi 1.190 dollar.



Sumber http://commodity-academy.co.id/2015/04/30/the-fed-ragu-naikin-suku-bunganya-harga-emas-llg-dan-comex-diturunkan/
 
Back
Top