Harga Gula Awal Mei Jadi Murah

adidananto

New member
sugar11-700x357.jpg



Harga gula berjangka di bursa ICE Futures New York mengakhiri sesi perdagangan Sabtu dini hari lalu di teritori negatif (2/5). Harga komoditas ini mengalami penurunan sepanjang sesi perdagangan tersebut dan sempat mencapai level paling rendah dalam lebih dari satu minggu. Pelemahan harga gula terjadi setelah pada perdagangan sebelumnya harga sempat menyentuh level tertinggi sejak tanggal 9 Maret lalu.

Harga gula berjangka sempat berada dalam momentum penguatan setelah harga minyak mentah bertahan di kisaran tertinggi sejak bulan Desember. Di perdagangan terakhir pekan lalu harga minyak mentah mengalami penurunan. Akibatnya harga komoditas yang terkait dengan minyak mentah termasuk gula juga terseret turun.

Di samping akibat melempemnya harga minyak mentah harga gula juga alami tekanan akibat menguatnya dollar AS. Dollar yang lebih kuat membuat harga komoditas menjadi relatif lebih mahal sehingga permintaannya turun.

Harga gula kasar berjangka di ICE Futures mengalami penurunan signifikan pada penutupan perdagangan akhir minggu. Harga komoditas ditutup turun sebesar 0,27 sen atau setara dengan 2,05 persen pada posisi 12,91 sen per pon.

Harga gula putih berjangka di bursa Liffe London di akhir perdagangan tersebut juga tampak mengalami pelemahan. Harga gula berjangka kontrak Agustus ditutup turun sebesar 3,30 dollar dan berakhir pada posisi 373,40 dollar per ton.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bahwa pergerakan harga gula kasar berjangka di New York pada perdagangan selanjutnya masih akan dipengaruhi oleh pergerakan harga minyak mentah dan dollar AS. Potensi untuk menguat yang sempat terbentuk harus terkikis lagi. Saat ini indikator jangka pendek sudah kembali menunjukkan potensi pelemahan.

Harga gula kasar berjangka di ICE Futures New York berpotensi mengetes level support pada posisi 12,50 sen dan 12,00 sen. Sedangkan level resistance yang akan dites jika terjadi peningkatan harga ada pada posisi 13,30 sen dan 13,70 sen.



Sumber http://commodity-academy.co.id/2015/05/04/harga-gula-awal-mei-jadi-murah-akibat-kuatnya-sentimen-negatif/
 
Back
Top