Perdagangan Minyak Mentah Ditutup Turun

adidananto

New member
Gas-and-Oil-Iran-Wiki-700x357.jpg



Harga minyak mentah Selasa dini hari pada penutupan perdagangan di Comex membukukan penurunan yang signifikan (12/5). Harga komoditas ini ditutup turun di tengah sinyal bahwa rally harga minyak mentah akan mengakibatkan aksi ambil untung besar-besaran yang juga didukung oleh kuatnya pasokan shale di Amerika Serikat.

Pada data yang dirilis sebelumnya terungkap bahwa jumlah operasi pengeboran minyak mentah mengalami penurunan sebanyak 11 operasi pada minggu lalu dibandingkan dengan minggu sebelumnya. Pekan lalu operasi pengeboran minyak hanya sebanyak 668. Angka ini jauh lebih kecil dibandingkan dengan 1.528 operasi pengeboran pada periode yang sama tahun sebelumnya. Akan tetapi operasi pengeboran shale di Permian Basin menunjukkan kenaikan untuk pertama kalinya tahun ini.

Penurunan harga minyak mentah tertahan oleh kabar yang menyebutkan bahwa pemerintah Tiongkok kembali menurunkan suku bunga acuan untuk kali ketiga dalam enam bulan belakangan. Hal ini membuat para pelaku pasar kembali berharap bahwa negara konsumen terbesar energi tersebut akan kembali menggenjot produksi dan menyerap kelebihan pasokan minyak mentah global.

Harga minyak mentah WTI untuk kontrak Juni yang merupakan kontrak paling aktif saat ini mengalami penutupan yang melemah dini hari tadi. Harga ditutup dengan membukukan penurunan sebesar 14 sen atau setara dengan 0,2 persen dibandingkan dengan posisi penutupan perdagangan sebelumnya. Harga ditutup pada posisi 59,25 dollar per barel.

Sedangkan harga minyak mentah Brent juga mengalami penurunan yang signifikan. Harga minyak mentah Brent melemah sebesar 40 sen dan ditutup pada posisi 65 dollar per barel.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bahwa pergerakan harga minyak mentah jenis WTI kontrak paling aktif pada perdagangan hari ini di sesi Asia masih akan cenderung mengalami penurunan terbatas. Secara teknikal harga minyak mentah sedang mengalami koreksi akibat aksi ambil untung. Meskipun demikian pola mayor yang terbentuk masih bullish.

Untuk perdagangan hari ini harga minyak mentah WTI diperkirakan akan mengalami level resistance di 62,00 dollar. Resistance selanjutnya ada di 65,00 dollar. Jika terjadi pergerakan melemah support akan ditemui pada posisi 57,00 dollar dan 55,00 dollar.



Sumber http://commodity-academy.co.id/2015/05/12/perdagangan-minyak-mentah-ditutup-turun-terbatas-rally-dinilai-sudah-terlalu-tajam/
 
Back
Top