Nama Domain Non-Latin, Cukup Menghebohkan

indonesiaindonesia

Administrator
Tanggal: 16 Jan 2001
Sumber: kompas.com


NamaDomain.com, Sankyo Co. Ltd., perusahaan farmasi terkemuka di Jepang, mengalami apa yang mereka sebut sebagai hambatan pertama yang berkaitan dengan domain name berhuruf non-Latin. Sankyo mengadukan masalah ini kepada World Intellectual Property Organization (WIPO).

Perusahaan ini memprotes sebuah pendaftaran domain name .com menggunakan huruf Cina yang membentuk nama perusahaan tersebut. Dalam pernyataannya, perusahaan tersebut menduga, nama tersebut didaftarkan atas nama perorangan, yang dalam waktu sama mendaftarkan nama beberapa perusahaan farmasi.

Network Solutions Inc. mulai menerima aplikasi permintaan domain name menggunakan huruf Cina, Jepang, dan Korea pada awal November 2000 dan baru-baru ini mempersiapkan layanan untuk huruf Arab, Spanyol, dan Portugal.

Dimulainya pendaftaran ini telah menimbulkan kehebohan untuk mendapatkan nama yang populer dan menarik. Banyak nama yang dijual melalui layanan seperti Yahoo Auction, yang sudah memiliki daftar 900 nama untuk dijual. Mayoritas domain name non-Latin ini menggunakan huruf Jepang dan Cina, dan harganya sekitar 85.000 dollar AS, walaupun sebagaian besar belum ada yang menawar.
 
Back
Top