Menhan Korut Dihukum Mati Karena Tidur Saat Rapat

spirit

Mod
menhan-korut-dihukum-mati-karena-tidur--80664e.jpg

Kim Jong Un - Hyon Yong Chol BBC

Anggota DPR di Indonesia sepertinya harus bersyukur punya Presiden Jokowi, bukannya Kim Jong Un. Karena andai saja Indonesia dipimpin oleh Presiden Korea Utara itu, pasti akan cukup kehilangan banyak anggota dewan yang ketahuan tidur saat rapat. Lhoh, mengapa bisa begitu?

Ya, baru-baru ini publik di dunia dibuat geger akan keputusan Jong Un. Bayangkan saja, Pemimpin Tertinggi Korea Utara dengan rambut unik itu telah menghukum mati Menteri Pertahanan bernama Hyon Yong Chol. Yong Chol dihukum mati karena ketahuan tertidur dalam sebuah acara yang dihadiri Jong Un dan tidak melaksanakan perintah.

_82952577_2e6f3c6e-cda1-4714-8599-488db5bd9b5d.jpg

Mendiang Hyon Yong Chol yang kini sudah dieksekusi mati BBC

Agensi mata-mata Korea Selatan menyebutkan jika Yong Chol sudah dihukum mati pada 30 April 2015 lalu dengan menggunakan rudal anti-pesawat di depan ratusan penonton. Tak hanya Yong Chol, rupanya ada juga perwira senior militer yang dihukum mati. Berita menghebohkan ini muncul seminggu setelah eksekusi mati terharap 15 pejabat senior Korea Utara dilakukan, seperti dilansir BBC.

Hukuman mati yang ditetapkan Jong Un ini mendapatkan kritikan negatif karena selama ini Yong Chul adalah sosok dekat Jong Un. Sehingga stabilitas keamanan Korea Utara seolah dipertaruhkan. Belum lagi metode hukuman mati dengan rudal anti-pesawat yang mematikan terbilang cukup brutal dan menekan biaya yang besar. Dengan keputusan ini, Jong Un seolah menebar teror dan aksi semena-mena kepada para pejabat pemerintah Pyongyang dan warga Korea Utara umumnya.

_82951489_591e1ca6-1114-4ec3-8d02-b1720420d673.jpg

Chang Song Thaek, paman Kim Jong Un yang juga dihukum mati BBC

Yong Chul sendiri diketahui sudah menjabat sebagai Jenderal sejak tahun 2010. Dia bahkan berugas dalam pemakaman ayah Jong Un, Kim Jong Il pada Desember 2011 silam. Yong Chul baru diangkat sebagai Menteri Pertahanan tahun 2014 lalu dan pada bulan April sempat berada di Moskow sebagai perwakilan Korea Utara dalam konferensi keamanan regional.

Sebelumnya, Jong Un sudah pernah menjatuhkan hukuman mati kepada Letnan Jenderal Ma Won Chun, seorang arsitek yang mendalangi pembangunan sebuah resort ski baru tahun 2013 silam karena dituding melakukan korupsi pada anggaran Korea Utara. Belum lagi hukuman mati yang dia berikan kepada Chang Song Thaek, paman Jong Un sekaligus sosok kedua terkuat di Korea Utara karena dituding berkhianat dan melakukan pertemuan partai terselubung. Benar-benar seram!

~merdeka.com
 
Back
Top