Harga Minyak Mentah Bawa Harga Karet Tocom Bergerak Melemah

adidananto

New member
Latex_being_collected_from_a_tapped_rubber_tree-700x357.jpg



Harga karet alami di bursa komoditas Tokyo terpantau bergerak melemah untuk kontrak paling aktif saat ini (25/5). Harga karet alami kembali bergerak seiring dengan pergerakan harga minyak mentah. Harga minyak mentah sendiri Senin pagi ini masih melanjutkan penurunan setelah di penutupan perdagangan pekan lalu terpaksa menyerah di teritori negatif.

Melambatnya penutupan aktivitas pengeboran di Amerika Serikat membuat penurunan harga minyak mentah juga terbatas. Akan tetapi rally dollar AS membuat pergerakan harga minyak mentah terhambat untuk naik sehingga di perdagangan Senin pagi ini harga komoditas minyak mentah tampak melanjutkan penurunannya.

Melemahnya harga minyak mentah menyebabkan harga bahan baku pembuatan karet sintetis menjadi lebih murah. Dengan kondisi ini para pelaku pasar kembali memilih untuk membeli karet sintetis alih-alih karet alami seperti yang diperdagangkan di Tocom.

Akan tetapi pergerakan melemah harga karet Tocom tampaknya akan cenderung terhadang akibat melemahnya yen Jepang. Dengan melemahnya yen harga karet alami Tocom menjadi relatif lebih murah bagi pembeli luar negeri sehingga permintaannya akan cenderung naik.

Harga karet alami di Tocom untuk kontrak paling aktif yaitu untuk kontrak Oktober hari ini tampak dibuka pada posisi 219,2 yen per kilogram. Harga dibuka stagnan dibandingkan dengan posisi penutupan perdagangan sebelumnya. Saat ini harga karet alami sudah memasuki teritori negatif dan berada pada posisi 218,1 yen per kilogram. Harga telah mengalami penurunan sebesar 1,1 yen dari posisi penutupan perdagangan sebelumnya.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bahwa pergerakan harga karet Tocom pada perdagangan hari ini berpotensi untuk melanjutkan kenaikan. Harga komoditas ini diperkirakan akan menutup perdagangan di teritori positif akibat dorongan bargain hunting dan melemahnya nilai tukar yen.

Untuk perdagangan hari ini harga karet Tocom diperkirakan akan menemui resistance di posisi 222,00 yen. Resistance selanjutnya ada di 225,00 yen. Sementara itu harga akan menemui support di posisi 215,00 yen dan 212,00 yen.



Sumber http://commodity-academy.co.id/2015/05/25/harga-minyak-mentah-seret-karet-tocom-ke-teritori-negatif/
 
Back
Top