Harga Emas Bergerak Terbatas, Pekan Lalu Ambruk 1,7%

adidananto

New member
thaigold-700x357.jpg




Harga emas spot LLG dan berjangka mengalami penutupan di teritori negatif pada akhir perdagangan Sabtu dini hari lalu (25/5). Harga logam mulia terus melempem dan mengakhiri pekan lalu dengan membukukan penurunan mingguan terbesar dalam empat minggu belakangan. Rebound dollar AS membuat harga komoditas tersebut terseret turun.

Pada perdagangan Jumat malam lalu nilai tukar dollar mengalami peningkatan sebesar 0,8 persen terhadap enam rival utamanya yang tergabung dalam indeks dollar. Kenaikan nilai tukar dollar tersebut terjadi setelah data inflasi konsumen di Amerika Serikat menunjukkan kenaikan sebesar 0,1 persen untuk bulan April lalu. Sementara itu inflasi inti berada di level 0,3 persen, terbesar sejak bulan Januari 2013.

Bank sentral Amerika Serikat dikabarkan menetapkan target inflasi di level 2 persen sebelum bank sentral mempertimbangkan untuk menaikkan suku bunga acuan. Melemahnya data ekonomi Amerika Serikat yang dirilis akhir-akhir ini telah mendorong investor untuk berspekulasi bahwa suku bunga acuan masih akan dipertahankan di level rekor terendah setidaknya hingga kuartal keempat tahun ini.

Di akhir perdagangan pekan lalu harga emas spot terpantau melemah. Harga logam mulia tersebut mengalami penutupan di posisi 1.205,20 dollar. Dibandingkan dengan posisi penutupan perdagangan sebelumnya harga hanya mengalami penurunan amat tipis yaitu sebesar 80 sen. Harga emas berjangka Comex terpantau mengalami penurunan tipis 10 sen saja dan berakhir di level 1.204,00 dollar per troy ons. Harga emas membukukan penurunan mingguan sebesar 1,7 persen.

Pada perdagangan Senin pagi harga emas terpantau mengalami pergerakan yang masih stagnan. Harga logam mulia saat ini berada di level 1.204,30 dollarper troy ons. Harga emas tersebut mengalami penurunan tipis sebesar 90 sen dari posisi penutupan perdagangan sebelumnya.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bahwa pergerakan harga emas spot LLG hari ini akan bergerak dengan kecenderungan untuk bergerak sideways dan terbatas di sesi Asia. Harga telah bergerak koreksi setelah pada perdagangan Senin pekan lalu sempat melejit ke level paling tinggi sejak tanggal 17 Februari.

Pada perdagangan hari hari ini harga emas berpotensi mengetes level resistance pada posisi 1.210 dollar per troy ons. Jika berhasil ditembus harga akan melanjutkan kenaikan lagi ke posisi 1.220 dollar. Sedangkan jika terjadi pergerakan yang melemah harga akan mengetes level support pada posisi 1.200 dollar. Jika berhasil ditembus harga akan melanjutkan pelemahan ke posisi 1.195 dollar.



Sumber http://commodity-academy.co.id/2015/05/25/harga-emas-bergerak-terbatas-pekan-lalu-ambruk-17/
 
Back
Top