Harga emas mengalami penutupan melemah pada akhir perdagangan

adidananto

New member
Gold_Medal_of_the_Imperial_Academy_of_Arts3-700x357.jpg




Harga emas spot LLG dan berjangka mengalami penutupan melemah pada akhir perdagangan Rabu dini hari tadi (27/5). Harga logam mulia terus melempem seiring dengan terus menguatnya nilai tukar dollar AS. Membaiknya data ekonomi dari negara tersebut dan komentar Janet Yellen yang memastikan kenaikan suku bunga acuan tahun ini membuat nilai tukar dollar AS.

Pada perdagangan malam tadi dollar AS kembali melanjutkan peningkatannya. Dollar AS mencapai posisi paling tinggi dalam satu bulan belakangan dan membukukan kenaikan sebesar 1,2 persen dibandingkan dengan posisi penutupan perdagangan sebelumnya.

Kenaikan dollar pada perdagangan malam tadi disebabkan oleh data yang menunjukkan bahwa rencana pengeluran investasi bisnis di Amerika Serikat mengalami kenaikan mantap untuk dua bulan berturut-turut pada bulan April lalu. Data terpisah menunjukkan bahwa penjualan rumah keluarga mengalami peningkatan lebih dari ekspektasi di bulan April dan keyakinan konsumen menunjukkan kenaikan juga di bulan Mei.

Bank sentral Amerika Serikat dikabarkan menetapkan target inflasi di level 2 persen sebelum bank sentral mempertimbangkan untuk menaikkan suku bunga acuan. Data ekonomi yang membaik tampaknya akan mendukung kenaikan suku bunga acuan tersebut.

Di akhir perdagangan pekan lalu harga emas spot terpantau anjlok luar biasa tajam. Harga logam mulia tersebut mengalami penutupan di posisi 1.187,00 dollar. Dibandingkan dengan posisi penutupan perdagangan sebelumnya harga logam mulia tersebut mengalami penurunan sebesar 15,55 dollar atau setara dengan 1,29 persen dibandingkan penutupan perdagangan sebelumnya yang ada di level 1.202,55 dollar.

Harga emas berjangka Comex juga tampak mengalami penurunan mantap pada akhir perdagangan dini hari tadi. Harga ditutup melemah sebesar 17,10 dollar dan ditutup pada posisi 1.186,90 dollar per troy ons.

Pada perdagangan Rabu pagi harga emas spot LLG terpantau masih bergerak cenderung stagnan di kisaran terendah dalam lebih dari dua minggu. Pagi ini harga emas spot berada di level 1.186,85 dollar per troy ons.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bahwa pergerakan harga emas spot LLG hari ini akan bergerak dengan kecenderungan untuk bergerak sideways dan terbatas di sesi Asia. Harga telah berpotensi untuk mengalami rebound teknikal. Akan tetapi di perdagangan Amerika Serikat sore dan malam nanti harga emas masih berpotensi lanjutkan penurunan.

Pada perdagangan hari hari ini harga emas berpotensi mengetes level resistance pada posisi 1.200 dollar per troy ons. Jika berhasil ditembus harga akan melanjutkan kenaikan lagi ke posisi 1.210 dollar. Sedangkan jika terjadi pergerakan yang melemah harga akan mengetes level support pada posisi 1.180 dollar. Jika berhasil ditembus harga akan melanjutkan pelemahan ke posisi 1.175 dollar.



Sumber http://commodity-academy.co.id/2015/05/27/harga-emas-amblas-ke-25-minggu-terendah/
 
dampak dollar yang naik berdampak juga pada penurunan emas dan penurunan mata uang
tapi ini berkah juga bagi orang yang ingin beli emas kalau harganya lagi turun ?
 
yh emang emas lagi turun harganya karena dollar naik, tp klo dollar naik terus lama2 kita bisa krisis moneter kya thun 98'..
 
Back
Top