Harga Karet Ikut Naik Imbas Rekor Nikkei

adidananto

New member
rubber-wiki-700x357.jpg



Harga karet alami di bursa komoditas Tokyo makin bergerak menguat dengan mantap pada perdagangan Kamis pagi (28/5). Harga komoditas berjangka di bursa komoditas Jepang terangkat menguat seiring dengan lonjakan yang terjadi di bursa saham negara tersebut. Pagi ini nilai tukar yen kembali bergerak dalam pola melemah terhadap dollar AS.

Bursa saham Jepang mengalami kenaikan mantap. Indeks Nikkei yang merupakan indeks benchmark di bursa Jepang menguat hingga mencapai posisi paling tinggi dalam 15 tahun belakangan. Yen makin terpukul melemah terhadap dollar sehingga memberikan dorongan kenaikan terhadap saham-saham eksportir.

Melemahnya yen juga menjadi motor bagi pergerakan harga karet alami Tocom pagi hari ini. Dengan nilai tukar yen yang lebih rendah harga komoditas yang diperdagangkan dalam mata uang tersebut menjadi lebih murah bagi pemebli luar negeri. Dengan kenaikan daya tarik tersebut permintaan terhadap komoditas mengalami peningkatan.

Harga karet alami di Tocom untuk kontrak paling aktif yaitu untuk kontrak November hari ini tampak dibuka pada posisi 235,1 yen per kilogram. Harga mengalami pembukaan menguat sebesar 0,9 yen atau setara dengan 0,38 persen dibandingkan dengan posisi penutupan perdagangan sebelumnya. Saat ini harga karet alami makin menguat tajam dan sudah mencapai posisi 241,8 yen per kilogram.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bahwa pergerakan harga karet Tocom pada perdagangan hari ini berpotensi untuk melanjutkan kenaikan. Harga komoditas ini diperkirakan akan menutup perdagangan di teritori positif akibat dorongan aksi beli terkait pelemahan nilai tukar yen.

Untuk perdagangan hari ini harga karet Tocom diperkirakan akan menemui resistance di posisi 243,00 yen. Resistance selanjutnya ada di 245,00 yen. Sementara itu harga akan menemui support di posisi 235,00 yen dan 232,00 yen.




Sumber http://commodity-academy.co.id/2015/05/28/harga-karet-ikut-melejit-imbas-rekor-nikkei/
 
Back
Top