Mengenai Sejarah Jersey Bola

pedestriandiary

New member
jersey.jpg


Anda sebagai penggemar bola ? Tapi tidak mengetahui bagaimana sejarah jersey bola tersebut lahir, memang penggunaan jersey atau seragam dalam olahraga sepak bola ini belum jelas dari mana asalnya.

Tapi cerita yang berkembang, jersey atau seragam bola ditemukan pada abad ke 18, saat olah raga bola sepak tersebut sudah populer di tanah Britania Raya. Klub sepakbola di negara tersebut mulai menggunakan jersey sepakbola sebagai lambang supremasi kebanggaan terhadap daerah dari klub sepak bola tersebut berasal.

Makna dari jersey bola yang mereka gunakan tentang perlawanan kaum underground seperti perlawanan kaum buruh, nilai-nilai politis pun diselipkan dibalik warna yang terdapat pada jersey bola tersebut. Namun sayangnya pada saat itu federasi sepakbola Britania Raya atau yang sekarang dikenal dengan FA, belum mengeluarkan peraturan tentang jersey bola tersebut.

Barulah pada tahun 1891 pihak FA mewajibkan seluruh klub menggunakan seragam yang sama kepada seluruh anggota timnya. Jadi mereka diwajibkan mendaftar dan didata oleh FA langsung mengenai seragam apa yang digunakan dan apa warnanya. Pada masa tersebut, baju jersey bola masih terbuat dari bahan wol dan menggunakan lengan yang panjang. Saat itu memakai jersey sambil bermain bola merupakan hal yang cukup berat, mengingat pada zaman tersebut baju jersey terbuat dari bahan wol, yang cukup panas dan berat jika digunakan. Apalagi dalam kondisi yang berkeringat dan harus terus berlari mengejar bola.

Semakin kesini jersey bola terus berkembang, bahkan sudah mulai dilengkapi dengan kecanggihan teknologi. Bahkan beberapa sudah mulai ada jersey-jersey tiruan yang dijual bebas melalui online atau toko-toko di pasar.
 
Back
Top