Correct me if I�m wrong... Sedikit Tips Cari Kerja

urhee

New member
Kalo lo wawancara di kedutaan besar, LSM/lembaga-lembaga aid-aid-an, lo kudu bilang bahwa lo kenal seseorang yang sudah bekerja di situ. Kalau perlu bilang kenal ama HRD manager-nya, dijamin lo diterima. Karena mereka kayaknya males terima orang yang gak dikenal sama orang yang udah kerja di kantornya. Takut teroris kali...

Kalo lo wawancara di perusahaan swasta asing, lo sebutin referensi lo seseorang di kantor itu, ati-ati salah sebut. Jangan-jangan orang yang lo sebut malah ?musuh? bebuyutan si HRD. So, lo malah gak diterima... Lebih baik bilang dikasih tau kolega/baca di koran. Biasanya perusahaan swasta gak doyan kroni-kronian.

Kalo lo chinese, jangan harap bisa diterima di perusahaan minyak/pertambangan di Indonesia.

Kalo lo ngelamar dapat info dari koran, lo kudu bikin resume & surat lamaran super impresif yang stand out dari surat lamaran lain!! Karena gue pernah dikasih tau 1 HRD manager sebuah perusahaan terkemuka, dia terima 2500 surat lamaran per hari (dia pasang iklan di kompas)!!

Beware:
- jangan sekali-kali ngirim surat lamaran di dalam amplop putih yang bikin surat lamaran & resume lo dilipat-lipat
- lebih baik lo kirim dalam amplop HVS coklat, dikirim pakai kurir atau paling tidak pakai perangko kilat;

karena gue pernah denger kakak gue cerita, HRD di perusahaan tempat dia kerja, saking kebanjiran surat lamaran, sampai-sampai cara menyortirnya barbar banget. Kalau dia dapet amplop putih/amplop berperangko ?biasa?, dia buang surat lamaran itu tanpa dibuka.

Kalau lo interest banget sama kerjaan yang lo buru, cari tau nama HRD manager di company itu. Tujukan surat ke nama dia personally. Kalau lo dapet info dari koran ya apa bolbut, tujukan saja ke Dear sir/madam!. Jangan sekali-kali bikin mispell di surat lamaran / resume. Cek ricek sampai seribu kali kalau perlu. Kalau lo tau nama HRD-nya/bos langsung yang nyari employee, surat pertama gak dapat response & elo tau posisinya masih kosong/vacant/available, kirim lagi surat lamaran kedua. Gue pernah ngalamin saat menyortir surat lamaran, surat kedua itulah yang menarik perhatian mantan bos gue dulu itu. Akhirnya itu orang dapet panggilan juga, padahal surat pertamanya masuk shredder segera setelah si boss baca itu surat!! You?ll never know kan?!?

Kalau wawancara pertama bikin lo kepincut berat sama tu kerjaan, buat surat thank you. Katanya si ini juga work out...

Kalau lo perlu advise, boleh lo contact gue. Gue lagi baik & mau bantu for free (for now)...

O iya kalo lo fresh graduate, tulis di resume lo segala kegiatan informal/organisasi yang lo ikuti, biasanya work out. Tulis juga lo tu orangnya kayak apa, misalnya: gampang beradaptasi, bisa kerja di tim/secara individu, pekerja keras & mau belajar, etc.
 
Back
Top