Mengenal Bagian Kaki-Kaki Mobil Agar Hemat BBM

acamitraca

New member
8e5472eb65d70711393d01bbda764cda.jpg

Kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) tentunya saat ini membawa polemik dan antisipasi warga untuk melakukan penghematan seminimal mungkin agar pengeluaran dapat ditekan.

Nah berangkat dari hal tersebut, mungkin beberapa hal berikut ini, dapat diaplikasikan untuk meminimalisir alokasi pengeluaran BBM yang berlebih.

Salah satu yang cukup berpengaruh bagi efisiensi BBM ada pada bagian kaki-kaki kendaraan atau yang juga dikenal dengan ban. Dimana sektor ini memiliki pengaruh besar dalam menunjang kelancaran saat melaju di jalanan. Karena ban ini juga, ternyata bisa menyebabkan pemborosan bahan bakar, jika ban cukup berat bergelinding yang mengakibatkan pemberatan performa mesin.

Hambatan gelinding ban, salah satunya adalah karena deformasi atau karena perubahan bentuk permukaan ban. Penyebab utama perubahan ini, diakibatkan oleh roda yang melewati berbagai kontur jalan, sehingga membuat permukaan terkikis dan tidak rata.

Ban Lebar

Ukuran permukaan telapak ban yang lebar, ternyata juga membuat gesekan semakin kuat. Tentu saja, performa mesin pun dipertaruhkan disini. Ketika hal seperti ini terjadi, membuat mesin akan sedikit berat dalam melakukan putaran. Karena itulah, pemborosan bahan bakar tidak akan bisa terelakkan.


Ban Mobil Kurang Angin, Hingga Kempis

Penyebab lain yang mampu memboroskan mesin dari sektor roda adalah kurangnya tekanan udara. Karena roda yang cenderung kempis membuat tekanan sekaligus gesekan akan semakin besar. Hal inilah yang membuat mesin semakin berat dan tentu saja akan sangat memberatkan kerja mesin.
Dengan demikian meski harga BBM naik, langkah selanjutnya berupa penghematan bahan bakar bisa dilakukan dengan cara yang bijak.

Sumber: www.infoasuransimobil.com
 
Back
Top