Manfaat Semangka

urhee

New member
Semangka mengandung:

Antosianin - berguna untuk mencegah infeksi dan kanker kandung kemih

Likopen - menghambat fungsi kemunduran fisik dan mental agar kita tidak mudah pikun. Selain itu likopen juga mencegah bermacam-macam penyakit kanker.

Bagian putih semangka mengandung senyawa yang berperan menyehatkan ginjal, seperti mencegah dan menghancurkan batu ginjal. Kalau ada gejala sakit ginjal, banyaklah makan bagian putih daging semangka. Bagian ini dapat pula menyehatkan organ prostat (penting ni buat cowo 2x).

Milih semangka, tepuk bagian luarnya. Jika suara yang terdengar berisi, kemungkinan itu semangka bagus.

Kalau mau mencari semangka yang benar-benar manis, cari yang ada sedikit bekas gigitan serangga.

Tips dari gue, minta tolong aja sama petugasnya buat milihin!! :D
 
likopen itu apaan sih? selain di semangka ada di mana lagi?

SELAIN DI SEMANGKA, ada di tomat...

Likopen salah satu komponen karotenoid seperti halnya betakaroten. Tapi dibandingkan antioksidan lainnya, seperti vitamin C dan E, kekuatan likopen dalam memerangi radikal bebas jauh lebih ampuh. Radikal bebas berlangsung tak terkendali, baik karena pola makan yang kacau, polusi atau pikiran negatif, kekebalan tubuh akan menurun. Akibatnya berbagai macam penyakit dan kulit tubuh pun menjadi kering, suram, dan kendur. Dengan likopen yang terdapat dalam semangka, radikal bebas bisa langsung lumpuh!

Likopen inilah yang mampu menumpas bibit kanker. Banyak makan semangka, bahkan setiap hari pun tak masalah, justru dapat menyusutkan risiko kanker mulut rahim dan kanker pankreas pada wanita. Terhadap kanker pencernaan, likopen semangka mampu mencegahnya hingga risikonya berkurang separuhnya, seperti kanker rongga mulut, kanker kerongkongan, kanker lambung, kanker usus besar, kanker anus. Begitu pula dengan kanker prostat. Wah!

Selain itu, likopen berguna untuk membuat wajah tampak bercahaya, tampak segar dan lebih muda. Bagi lansia, semangka tidak hanya membantu memulihkan gangguan kesehatan lebih cepat, namun juga membantu meningkatkan kemampuan mental dan ketajaman daya ingat.
 
Back
Top