Mohon disable addblok untuk situs ini, lalu klik reload

Please disable addblok for this site, then click reload
Trinitas
 
Go Back   Home > Agama > Kristen Protestan

Daftar
Lupa Password?


Anda juga bisa login menggunakan akun Jejaringsosial.com anda
Gambar Umum Video Umum Radio & TV Online





 
Reply
 
Thread Tools Search this Thread
Reply With Quote     #1   Report Post  

Trinitas

bagaimana cara menjelaskan arti trinitas kepada teman2 kita yang berlainan
agama ....ada kata-kata yang cocok, karena mereka mencerna dengan logika
mereka
ferdinand_krisdianto
ferdinand_krisdianto ferdinand_krisdianto is offline
Village Level

Post: 30
 
Reputasi: 11

       





Reply With Quote     #2   Report Post  

jelasin dunk ?? biar kita-kita pada paham.
shidex
shidex shidex is offline
City Level

Post: 113
 
Reputasi: 1

__________________
kunjungi ya situs-situs di bawah ini :
Web Gw shidex.web.id

trus blog gw shidex.or.id





Reply With Quote     #3   Report Post  

iya bener gw belum begitu paham ....
michail
michail michail is offline
City Level

Post: 125
 
Reputasi: 0






Reply With Quote     #4   Report Post  

Emang sulit sih kalo diterima dengan nalar. Masak kuasa Tuhan bisa dilogika hehe
Tapi penjelasan kasaran yang sering diberikan gini.

Api kan ada panas, cahaya, dan gerakan. Tapi mereka satu yaitu api.

Ini penjelasan kasaran lho... Mungkin ada yang bisa ngasih penjelasan lainnya
jaketmerah jaketmerah is offline
Village Level

Post: 61
 
Reputasi: 0

__________________





Reply With Quote     #5   Report Post  

Penjelasan tersebut masuk akal juga.
tetapi bagi orang yang sudah terbiasa dengan doktrin lain
akan sangat sulit untuk menerima begitu saja penjelasan tersebut.
btul gak
irigster
irigster irigster is offline
National Level

Post: 771
 
Reputasi: 0






Reply With Quote     #6   Report Post  

Masak....?

jujur...seharusnya yang namanya TUHAN...memang pada dasarnya gak bisa diukur dengan logika kita sebagai manusia. tetapi kalau melihat dari adanya kata-kata TRINITAS.. dalam Tuhan Bapa, Anak, dan Roh Kudus..

penjelasan tentang Api seenggaknya bisa dijelaskan sebagai berikut :
1. panas....
jika kalian merasakan panas apakah kalian akan lansung menyimpulkan bahwa yang panas itu api?
2. cahaya
kalau ada cahaya ...apakah itu bisa lansung di bilang api
3. kalau ada gerakan..apaakah itu hanya api yang bisa ada gerakannya..

jadinya semua itu merupakan satu dan lain hal...bukannya dari 3 jadi satu..dari satu jadi 3..lagian penjelasannya hanya merupakan pencocokan dari 3 jadi 1. jadi cuman sebagai alasan aja

satu lagi yang harusnya jadi pembahsan selain trinitas..yaitu mengapa umat nasrani(lah kok umat nasrani sech..yach karena sebenarnya nama kristiani sendiri muncul belakangan.beratus-ratus tahun setelah nabi isa as. meninggal dunia -tapi bukan karena disalib loh,coz beberapa tahun yang lalu ada pembuktiannya cuman ditutupi pihak gereja vatikan)..

MENGAPA YESUS Atau AL-MASIH disebut sebagai TUHAN?
alasan2 orang kristen
1. dilahirkan tampa campur tangan laki-laki
padahal dalam bibel sendiri disebutkan ada raja yang tidak mempunyai ayah dan ibu?
2. bisa membangkitkan orang mati?
padahal yesus sendiri bilang kalau dia tidak akan bisa melakukan apa-apa selain dari pada ada campur tangan kehendak-Nya
3. berkorban disalib?
padahal sebelum ditusuk dengan tombak..dia berkata eli eli eli sabakhtani..
tuhanku..tuhanku..tuhanku mengapa kau meninggalkanku?lah kok tuhan miinta tolong ma tuhan?
anakDomba anakDomba is offline
Home Level

Post: 14
 
Reputasi: 0






Reply With Quote     #7   Report Post  

ha gw juga bingung gimana sih itu? zzzzzz. aku gak paham ah.wakakakakakkakaka. masak tuhan minta tolong la trus manusia minta tolong ma sapa dunkz?
shidex
shidex shidex is offline
City Level

Post: 113
 
Reputasi: 1

__________________
kunjungi ya situs-situs di bawah ini :
Web Gw shidex.web.id

trus blog gw shidex.or.id





Reply With Quote     #8   Report Post  

sebenernya dalam perjalanannya org yg ikut yesus ada banyak pertanyaan yang ga bisa dijawab, bukan cuma soal trinitas doang. kayak doa yang ngga kejawab-jawab atau kenapa orang uda ikut yesus tapi masih kena tipu, masih kena bencana, keluarga banyak yg mati dll dll. nah, hal2 kayak gini kebanyakan dipake buat mempertanyakan bener nggak tuhannya orang kristen itu tuhan? kok tuhan gini? kok tuhan gitu? kok tuhan ga masuk akal gitu perbuatannya? kok tuhan bisa mati?
ngga ada jawaban yg memuaskan buat orang yg sekedar bertanya n nyari2 kesalahan dalam jawaban2 yg diberikan.
gimana orang kristen bisa jadi kristen? karena apapun alasan mrk jd kristen itu bukan karena mereka mau, tapi tuhan yang mau. jadi semua pertanyaan2 di atas yang keliatannya meragukan bagi org2 yg bukan kristen jadi ngga masalah buat org2 kristen karena fokus mereka bukan bener ato nggak nya pertanyaan2 di atas, tapi fokusnya itu tuhan sendiri. mereka percaya sama tuhan mereka n itu yg bikin org kristen tetap survive .
bukan manusia yang belain tuhannya, tapi tuhannya yg belain pengikutnya
blue_inferno2001 blue_inferno2001 is offline
Home Level

Post: 7
 





Reply With Quote     #9   Report Post  

Kutip:
Oleh ferdinand_krisdianto View Post
bagaimana cara menjelaskan arti trinitas kepada teman2 kita yang berlainan
agama ....ada kata-kata yang cocok, karena mereka mencerna dengan logika
mereka
Dulu saya pernah baca suatu perumpamaan yang menurut saya tuh cukup sesuai untuk menjelaskan sepersekian saja dari arti trinitas. Saya tekankan kalo ini cuma sepersekian, karena pemahaman manusia kan sangat terbatas. Otak manusia yang kecil ini biar diusahakan bagaimanapun pasti tidak akan bisa sepenuhnya bisa memahami kebesaran Tuhan.

Back to Trinitas. Ini menggambarkan 3 kepribadian namun tetap satu Tuhan. Mungkin kita bisa menggambarkannya sebagai seorang Raja. Ketika ia berada di tengah rakyatnya, ia disebut sebagai RAJA, ketika ia berada bersama anak-anaknya, ia disebut sebagai AYAH dan ketika ia berada bersama teman-teman dan pergaulan sosialnya, ia disebut SAHABAT. Tapi si RAJA, AYAH dan SAHABAT ini adalah tetap orang yang sama, pribadi yang sama.
Namun ia pun menjalankan fungsinya sesuai dengan sebutan itu masing-masing. Ketika ia bertindak sebagai RAJA, ia harus dapat menjalankan pemerintahan dengan baik dan adil, serta menjalankan semua wewenang dan kewajibannya sebagai raja. Ketika ia sebagai AYAH, iapun akan menjalankan fungsinya sebagai ayah yang mengasihi, mendidik dan mengajar anak-anaknya, sebagai seorang SAHABAT, ia pun akan menjadi orang yang menemani dan menyertai, serta menjadi pendengar yang setia untuk setiap permasalahan sahabat-sahabatnya. Namun di lain pihak, iapun dapat menjalankan semua fungsi itu secara bersamaan. Bagi anaknya yang ia kasihi dan mengasihinya, ia dapat menjadi RAJA, AYAH dan sekaligus SAHABAT.

Tapi seperti saya katakan sebelumnya, penggambaran ini hanya akan membuka sepersekian saja dari pemahaman kita akan TRINITAS.

Karena justru di saat kita sungguh-sungguh berserah dan mohon bimbingan Tuhan, di saat itulah kita akan dibuat mengerti akan hal-hal yang IA ingin kita mengerti, tanpa harus ada penjelasan-penjelasan logika.

But don't worry ... pada saat engkau hendak memberitakan firman terutama bagi orang-orang yang belum mengenal Tuhan, Tuhan tidak akan membiarkanmu sendiri ...
Tugas kita hanya menaburkan ... Roh Kudus sendirilah yang akan menumbuhkan

So ... keep spreading the Words of God ... !
Jesus loves u!
chizty
chizty chizty is offline
Home Level

Post: 12
 
Reputasi: 0






Reply With Quote     #10   Report Post  

Saya masih cari bahannya, agak sabar ya
Nampaknya ada nada-nada yang kurang sedap di forum ini, tapi ndak apa-apa koq. Kalau kita hanya mengetahui sangatlah berbeda dengan kalau kiat mengenal sosok Tuhan Yesus itu.
Mengetahui, ya berarti kamu cuma tau aja, belum tentu tahu siapa dia.
Mengenal, ya masih banyak tahapannya, seperti orang pacaran aja deh
Saya masih cari di buku katekisasi saya waktu sidi dulu. Maklum sekarang kena rutinitas, jadi agak kurang saleh dalam hal ini.
Untuk sementara saya hanya bisa ngomong, janganlah kita artikan semuanya secara harfiah menurut penalaran kita saja.
Otak kita manusia yang kecil ini, tidak akan sanggup menalar atau melogika semua arti dan perkataan Tuhan sendiri, tidak semuanya bisa dipikir secara logika.
Saya beri contoh, penciptaan alam semesta ini oleh Allah Bapa di surga hanya dengan firman, bagaimana logikanya menurut anda ?
Untuk trinitas, saya punya contoh sekilas aja dulu.
Kita ambil contoh air teh manis.
Komposisinya :
- Air putih
- Gula
- Teh
Salah satu komponen itu sangat berbeda tapi menjadi satu saat semuanya dalam satu gelas. Dan setelah diaduk, anda tidak dapat melihat lagi komposisi awalnya lagi. Karena semuanya adalah satu kesatuan, tapi mempunyai fungsi yang berbeda.
To be continued ...
allsaintus
allsaintus allsaintus is offline
City Level

Post: 199
 
Reputasi: 5

Reply
 


(View-All Members who have read this thread : 0
There are no names to display.
Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search




Similar Threads
Thread Original Poster Forum Replies
Tritunggal Allah atau biasa yang disebut Trinitas Allah Mrs_Sumart1 Kristen Protestan 0
Trinitas adalah JATIDIRI manusia Bahma Kristen Protestan 1


Pengumuman Penting

- Pengumuman selengkapnya di Forum Pengumuman & Saran


Cari indonesiaindonesia.com
Cari Forum | Post Terbaru | Thread Terbaru | Belum Terjawab


Powered by vBulletin Copyright ©2000 - 2017, Jelsoft Enterprises Ltd.