Mengenal Jenis Asuransi Mobil

allodie

New member
Ada banyak jenis asuransi mobil di luar sana. Perlu ketelitian untuk mendapat asuransi yang tepat.

Berdasarkan kondisi pertanggungannya, asuransi mobil dibagi menjadi dua. Pertama, Total Loss Only (TLO), yakni asuransi menjamin risiko 'total loss accident' atau biaya perbaikan mencapai 75% atau lebih dari harga kendaraan. Selain itu, 'total loss stolen' atau kehilangan akibat pencurian juga menjadi tanggungan dalam asuransi jenis TLO.

Untuk jenis ini, preminya cukup satu persen dari harga mobil. Tapi, jangan harap asuransi akan menanggung risiko jika kerusakan di bawah angka 75% tersebut.

Pilihan kedua, adalah komprehensif atau all-risk. “Penggunaan kata all-risk menimbulkan makna yang berbeda. Karena kata 'all-risk' memberikan arti bahwa segala kerusakan akan ditanggung oleh pihak asuransi, padahal tidak. Oleh karena itu, istilah all-risk sekarang diganti dengan komprehensif,” tutur Laurentius Iwan Pranoto Sutanto, Head Marketing Communication & PR PT Asuransi Astra Buana.

Asuransi jenis ini hanya menanggung kerusakan total atau total loss dan kerusakan sebagian atau partial loss. Namun, kerusakan yang dijamin oleh pihak asuransi pun memiliki batasan-batasan yang telah diatur. Contohnya, kerusakan akibat banjir, angin topan, atau gempa bumi, tidak akan ditanggung oleh pihak asuransi, kecuali ada perjanjian perluasan tanggungan. Bagaimana dengan harganya?

Harga premi asuransi komprehensif memang lebih mahal (sekitar tiga persen dari harga mobil), namun akan sepadan dengan perlindungan yang diterima. Namun, pilihan tetap ada di tangan Anda.

sumber: autocarindonesia.com
 
Back
Top