Harga Emas Makin Laju, Pasar Kembali Memburu Aset Safe Haven

adidananto

New member
gold-flickr-2-700x357.jpg




Harga emas spot LLG dan emas berjangka Comex kembali mengalami kenaikan untuk tiga sesi berturut-turut pada akhir perdagangan Kamis dini hari tadi (11/6). Harga logam mulia melonjak naik didukung oleh melemahnya dollar AS. Kekhawatiran para pelaku pasar mengenai kemungkinan kelanjutan krisis Yunani telah mengakibat harga emas kembali diburu sebagai sarana investasi safe haven.

Yunani menyatakan Rabu kemarin bahwa para kreditur internasionalnya telah gagal untuk merespon proposal teranyar negara tersebut demi memecah kebekuan perundingan yang saat ini sedang terjadi mengenai kesepakatan pemberian utang lanjutan ke negara tersebut. Ketidakpastian mengenai nasib Yunani tersebut membuat para pelaku pasar kembali mengincar emas yang merupakan aset safe haven.

Harga emas juga terbantu oleh melemahnya nilai tukar dollar AS. Malam tadi mata uang Amerika Serikat tersebut mengalami penurunan sebesar 0,3 persen terhadap rival-rivalnya yang tergabung dalam indeks dollar. Kenaikan yen menjadi pendorong lesunya dollar. Mata uang Jepang tersebut melejit tajam setelah gubernur BOJ mengatakan bahwa pelemahan yen mungkin akan terhenti karena saat ini kondisi mata uang tersebut sudah sangat lemah.

Harga emas spot LLG pada penutupan perdagangan dini hari tadi berada di posisi 1.185,75 dollar per troy ons. Harga logam mulia mengalami kenaikan sebesar 9,15 dollar atau setara dengan 0,78 persen dibandingkan dengan penutupan perdagangan sebelumnya yang berada di level 1.176,60 dollar AS per troy ons. Sedangkan harga emas berjangka Comex untuk kontrak Agustus terpantau ditutup naik 9 dollar di posisi 1,186,60 dollar per barel.

Pada perdagangan pagi ini harga emas spot LLG terpantau mengalami pergerakan yang masih terbatas, belum bergerak banyak dari posisi penutupan perdagangan tadi. Akan tetapi dari pola pergerakannya harga diperkirakan akan kembali melanjutkan peningkatan. Harga saat ini diperdagangkan pada posisi 1.185,85 dollar.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bahwa pergerakan harga emas spot LLG hari ini akan bergerak dengan kecenderungan untuk bergerak sideways dan terbatas di sesi Asia. Harga emas akan mencari arahan dari pergerakan nilai tukar dollar pada hari ini dan kemungkinan bisa mengalami kenaikan lanjutan di perdagangan sesi Eropa dan Amerika Serikat.

Secara teknikal kondisi emas mulai melaju ke dalam trend bullish. Akan tetapi trend bullish yang terjadi saat ini masih lemah. Dibutuhkan arahan positif yang lebih kuat untuk memberikan stabilitas terhadap rally emas.

Pada perdagangan hari hari ini harga emas berpotensi mengetes level resistance pada posisi 1.190 dollar per troy ons. Jika berhasil ditembus harga berpotensi melanjutkan peningkatan lagi ke posisi 1.200 dollar. Sedangkan jika terjadi pergerakan melemah harga akan mengetes level support pada posisi 1.180 dollar. Jika berhasil ditembus harga akan melanjutkan pelemahan ke posisi 1.175 dollar.



sumber http://commodity-academy.co.id/2015/06/11/harga-emas-makin-laju-pasar-kembali-memburu-aset-safe-haven/
 
Back
Top