Perdagangan Karet Tocom Kembali Dibuka Ceria

adidananto

New member
rubber-tree-700x357.jpg




Harga karet alami berjangka pada perdagangan Kamis pagi ini mengalami peningkatan yang cukup signifikan (11/6). Para pelaku pasar melakukan pembelian didukung oleh peningkatan tajam harga minyak mentah di akhir perdagangan dini hari tadi. Harga karet telah mengalami penurunan selama tiga sesi berturut-turut. Kemarin harga terpukul mundur akibat kenaikan nilai tukar yen terhadap dollar AS.

Yen Jepang sendiri telah mengalami peningkatan selama tiga sesi berturut-turut setelah pada perdagangan hari Jumat pekan lalu mata uang ini melempem hingga mencapai posisi paling rendah sejak tahun 2002. Kenaikan yen yang tajam terjadi pada perdagangan kemarin setelah Gubernur BOJ Haruhiko Kuroda mengatakan bahwa mata uang tersebut tidak akan melemah lagi karena penurunannya sudah terlampau tajam.

Hari ini yen Jepang tampak mengalami retreat. Retreat mata uang yen pagi ini memberikan dorongan menguat ke pasar karet alami berjangka di Tokyo. Melemahnya yen membuat harga komoditas yang diperdagangkan dalam mata uang tersebut menjadi relatif lebih murah bagi pembeli luar negeri sehingga permintaannya meningkat.

Harga karet alami di Tocom untuk kontrak paling aktif yaitu untuk kontrak November hari ini tampak dibuka pada posisi 234,8 yen per kilogram. Harga karet alami berjangka mengalami pembukaan yang menguat tipis saja yaitu sebesar 0,1 yen atau setara dengan 0,05 persen dibandingkan dengan posisi penutupan perdagangan sebelumnya yang ada di level 234,7 yen per kilogram. Saat ini harga karet terpantau sudah bergerak menguat dengan mantap dan mencapai posisi 236,5 yen per kilogram.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bahwa pergerakan harga karet Tocom pada perdagangan hari ini berpotensi untuk bertahan di teritori positif. Harga sepertinya akan berusaha untuk kembali meningkat. Mata uang yen yang sedang terkoreksi akan memberikan dukungan bagi pergerakan harga karet.

Untuk perdagangan hari ini harga karet Tocom diperkirakan akan menemui resistance di posisi 238,00 yen. Resistance selanjutnya ada di 242,00 yen. Sementara itu harga akan menemui support di posisi 232,00 yen dan 229,00 yen.



sumber http://commodity-academy.co.id/2015/06/11/perdagangan-karet-tocom-kembali-dibuka-ceria-yen-retreat/
 
Back
Top