Ini Dia Manfaat Puasa Ramadhan Dari Segi Kesehatan

Sebentar lagi kita akan menjalani puasa Ramadhan. Selain menjalankan demi kewajiban, tahukan anda bahwa dengan berpuasa kita juga akan mendapatkan manfaatnya? Nah, saat tubuh kita berpuasa, tubuh kita mulai membakar lemak, dengan begitu akan menghasilkan energi. Energi ini lah yang kita perlukan untuk beraktivitas. Ternyata berpuasa selain bisa mengurangi berat badan berlebih bisa juga untuk mendapatkan kesehatan fisik yang prima.

Sumber Energi Selama Puasa

Perubahan yang terjadi di tubuh saat berpuasa tergantung dari rutinitas puasa sebelumnya. Tubuh kita masuk ke keadaan puasa setelah 8 jam atau lebih terhitung dari waktu makan terakhir, yaitu saat usus sudah tidak menyerap nutrisi makanan. Dalam keadaan normal, glukosa alami yang disimpan dalam hati dan otot merupakan sumber energi utama. Saat berpuasa, simpanan gula ini digunakan terlebih dahulu. Dan jika sumber gula alami yang diperlukan telah habis, barulah lemak menjadi sumber energi tubuh kita.

Transisi Glukosa Menjadi Lemak

Puasa berlangsung dari fajar sampai sore hari waktunya berbuka. Energi yang diperlukan tubuh akan diganti saat sahur dan makan setelah berbuka. Hal ini memberikan transisi dalam penggunakaan glukosa sebagai sumber energi utama kemudian menggunakan lemak, dan mencegah kerusakan otot.

Manfaat Puasa

Yang pertama yaitu manfaat spiritual saat berpuasa. Orang muslim yang berpuasa secara tidak langsung akan menahan emosi, pikiran, dan juga hawa nafsu. Dengan melakukan sholat dan penahanan emosi, hal ini dapat membangun keharmonisan dan ketenangan dari hati dan pikiran

Memperbaiki kadar lemak darah dan mengurangi kolestrol. Kita semua tahu bahwa berkurangnya berat badan merupakan dampak fisik yang terjadi setelah berpuasa. Tapi ternyata, berkurangnya berat badan secara teratur dan terkontrol ini memiliki manfaat kesehatan. Dengan berpuasa, kadar lemak kita akan berkurang dan secara otomatis menurunkan kolestrol dalam darah dan memperkuat jantung.

Puasa juga bisa bermanfaat sebagai detoks tubuh. Dengan tidak memakan atau meminum sesuatu selama seharian, tubuh akan melakukan detoksifikasi yaitu mengeluarkan zat – zat yang tidak diperlukan oleh tubuh kita.

Sumber : www.penelusuranartikel.com
 
manfaat puasa: bisa merasakan gimana lapernya orang2 miskin yg kekurangan makanan.
kalo ikhlas+rela.. Apa yg biasa dimakan sehari2 karena tidak kita makan berikan kepada fakir-miskin.
disamping ada manfaat tersembunyi yg bisa dirasakan saat sembahyang.

- n1 -
 
Back
Top