4 Cara Tips Sehat Selama Berpuasa

1. Olahraga

Meskipun berpuasa, namun olahraga adalah salah satu cara tips sehat saat berpuasa. Puasa mampu menjaga kebugaran badan selama puasa. Tentu dengan intensitas dan jenis olahraga yang berbeda. Anda dapat melakukan olahraga dengan intensitas ringan di pagi atau di sore hari. cukup 20-25 menit saja. Anda dapat memilih olahraga ringan seperti yoga, angkat beban, atau jalan santai antara jam 5-6 pagi setiap hari.

2. Jangan berlebihan

Sesuatu yang berlebihan akan membawa keburukan. Cara tips sehat saat bulan puasa selanjutnya adalah tidak melakukan sahur dan buka secara berlebihan. Seringkali orang-orang beranggapan bahwa sahur yang banyak akan menjadikan puasa kuat sampai buka. Dan buka puasa secara berlebihan akan menambah tenaga secara cepat. Anggapan ini salah kaprah dan jangan ditiru. Sahur yang berlebihan justru akan membuat puasa anda semakin berat dan menjadikan hari-hari anda lemas dan tidak bertenaga. Karena biasanya sesaat setelah sahur yang berlebihan anda akan merasa ngantuk. Otomatis asupan makanan tidak akan terubah menjadi energi. Kemudian ketika anda berbuka puasa berlebihan justru akan mengakibatkan lambung kaget dan bisa timbul gangguang pencernaan seperti mulas, diare, dan sebagainya.

3. Perhatikan kualitas

Memperhatikan kualitas makanan adalah cara tips sehat saat bulan puasa. Berpuasa bukan alasan untuk anda seenaknya memakan makanan yang anda suka. Anda harus tetap menjaga kualitas asupan makanan setiap hari selama puasa. 4 sehat 5 sempurna adalah pilihan jenis makanan ideal dan sehat bagi anda selama puasa. Bila perlu konsumsilah suplemen penunjang kesehatan dan kebugaran selama berpuasa untuk anda yang memiliki aktifitas yang tinggi.

4. Tetap beraktifitas

Tetaplah beraktifitas, karena melakukan aktifitas adalah salah satu cara tips sehat selama bulan puasa. Dengan beraktifitas, anda akan teralihkan dengan rasa lapar dan haus, selain itu aktifitas selama puasa merupakan pengganti olahraga bagi anda jika tidak sempat melakukan olahraga selama bulan puasa. Aktifitas selama puasa juga dapat merubah asupan makanan menjadi energi yang menjadikan puasa anda tetap sehat, kuat dan bugar.

Sumber : www.penelusuranartikel.com
 
Back
Top