Harga Batubara Dunia Mengalami Penurunan

adidananto

New member
coal-700x357.jpg




Pada akhir perdagangan Sabtu dini hari lalu harga batubara Rotterdam terpantau masih berada dalam pola bullish tetapi sedang mengalami koreksi teknikal (22/6). Harga batubara acuan global untuk kontrak Juli mengalami penurunan akibat aksi ambil untung.

Di akhir perdagangan dini hari tadi harga minyak mentah global menggenapi melempem setelah ditutup menguat untuk tiga sesi berturut-turut sebelumnya. Terbenturnya harga komoditas ini mengakibatkan harga batubara global turut mengalami penurunan. Batubara dan minyak mentah merupakan dua komoditas yang saling bersubstitusi.

Harga batubara juga didesak oleh aksi ambil untung pada perdagangan akhir pekan. Para pelaku pasar cenderung memilih untuk merealisasikan keuntungan setelah harga komoditas ini mengalami peningkatan hingga ke level paling tinggi dalam 1,5 bulan.

Di akhir perdagangan dini hari tadi harga batubara Rotterdam berjangka untuk kontrak paling aktif yaitu kontrak bulan Juli berada di posisi 59,05 dollar per ton. Harga komoditas tersebut mengalami pelemahan sebesar 0,25 dollar atau setara dengan 0,42 persen dibandingkan posisi penutupan perdagangan sebelumnya.

Harga batubara berjangka di bursa SGX untuk jenis SGX API 8 CFR China Coal Index Futures di akhir perdagangan kemarin ditutup pada posisi 51,85 dollar per ton. Kontrak SGX tersebut masih stagnan dari posisi penutupan perdagangan sebelumnya.

Harga batubara untuk kontrak SGX IHS McCloskey Indonesian Sub-Bit FOB Index Futures bulan Juli 2015 terpantau berakhir pada posisi


 
Back
Top