8 Persiapan Bikin Mobil Bandel Diajak Mudik

acamitraca

New member
0726-bagasi-mudik-1-300x173.jpg

Bulan Ramadan memang baru beberapa hari, waktu mudik ke kampung halaman pun masih beberapa minggu lagi. Tetapi, tidak ada salahnya untuk mempersiapkan mobil yang akan digunakan untuk menempuh perjalanan mudik, bukan?

Bagi Anda yang berencana menggunakan mobil sebagai sarana transportasi menuju kampung halaman, maka wajib hukumnya memeriksa beberapa komponen.
Hal ini agar mobil Anda berada dalam kondisi prima saat digunakan.

Sekarang, ketahui dulu apa saja komponen mobil yang wajib dicek. Nanti, saat beberapa hari menjelang mudik, Anda dapat melakukan pengecekan lagi, dan kalau perlu mengganti beberapa komponen demi mudik yang nyaman dan lancar.

Apa saja komponen-komponen yang wajib dicek tersebut?

Oli dan transmisi
Komponen pertama yang harus Anda cek adalah oli dan transmisi. Pastikan keduanya dalam keadaan baik dan layak pakai. Untuk diketahui, oli gardan dan oli transmisi harus diganti setiap mobil mencapai jarak tempuh 20 ribu km.

Aki
Nah, komponen satu ini juga tidak boleh luput dari perhatian Anda. Cek kekencangan terminal dan kuantitas air aki. Jangan biarkan rumah aki kekurangan atau kelebihan air. Untuk informasi, jika volt meter menunjukkan angka 12 sampai 13 volt saat mesin mati, itu artinya aki mobil dalam kondisi baik.

Radiator
Radiador adalah salah satu komponen yang digunakan untuk memindahkan energi panas dari satu medium ke medium lainnya. Untuk perjalanan jauh, radiator yang baik adalah keharusan. Karena itu, periksa kondisinya. Jika mobil yang Anda gunakan telah uzur, maka baiknya kuras air. Jangan lupa pula mengecek ketinggan air radiator.

Rem
Komponen keselamatan yang satu ini juga wajib Anda periksa. Dalam hal ini, coba periksa ketebalan kampas serta minyak rem. Lihat juga, apakah ada indikasi kebocoran atau tidak. Jika iya, maka rem harus sesegera mungkin diganti.

Ban
Setelah komponen-komponen mesin mobil sudah dicek, kini saatnya beralih ke bagian eksternal. Salah satunya adalah ban. Ban yang baik dapat membantu pengendalian mobil agar maksimal. Adapun yang harus diperhatikan pada komponen ini adalah kembang pada ban, serta tekanan angin. Pengecekan ini berlaku juga pada ban cadangan.

Lampu
Perjalanan mudik Anda mungkin menempuh waktu yang panjang, termasuk di malam hari. Karena itu, komponen selanjutnya yang harus diperiksa adalah lampu. Pastikan lampu berfungsi dengan baik, bak itu lampu utama, lampu kabut, atau lampu sein.

AC
Komponen yang satu ini berguna agar perjalanan mudik tetap nyaman. Apa yang harus diperhatikan adalah kinerja kompresor dan magnetic clutch. Daripada perjalanan jauh Anda tersiksa karena tidak ada pendingin di kabin, sesegera mungkin perbaiki AC, ya!

Kebersihan
Kebersihan mobil, baik eksterior maupun interior harus diperhatikan. Terutama bagian interior, bersihkan kabin dengan penyedot debu serta pengharum agar perjalanan tetap nyaman. Sementara untuk eksterior, meskipun dalam perjalanan mobil Anda bisa kotor lagi, tidak ada salahnya untuk mencuci mobil saat keberangkatan.

Sumber: www.infoasuransimobil.com
 
Semua itu harus dipersiapkan dengan baik bre, sehingga akan benar-benar lancar perjalanan. Pertanyaannya adalah apakah jalan tidak macet? :D
 
Back
Top