Wall Street Ditutup Menguat Didukung Data Ekonomi AS, Nasdaq Capai Rekor Lagi

adidananto

New member
Bursa Amerika ditutup menguat, indeks S & P 500 naik 0,1 persen menjadi 2,124.20 pada pukul 4 pm di New York. Dow Jones Industrial Average menambahkan 24,29 poin, atau 0,1 persen, ke 18,144.07. Nasdaq Composite Index kembali mencetak rekor, naik 0,12 persen ke level 5,160.09. Sekitar 5,7 miliar saham diperdagangkan di bursa AS, 8,6 persen di bawah rata-rata tiga bulan.

640px-NYSE127.jpg


Gubernur Fed Jerome Powell mengatakan kemarin bahwa kemungkinan Fed akan menaikkan suku bunga di bulan September nanti masih sekitar 50-50 menunggu peningkatan data ekonomi AS yang cukup seperti pertumbuhan pasar tenaga kerja dan pertumbuhan upah. .

Sebuah laporan Selasa menunjukkan pembelian rumah baru di bulan Mei meningkat lebih dari perkiraan dan merupakan tingkat tertinggi dalam tujuh tahun. Kemudian data penjualan rumah bekas juga naik ke level tertinggi sejak 2009, didorong oleh meningkatnya jumlah pembeli yang baru pertama kali membeli rumah.

Laporan lain mengenai jumlah pesanan untuk peralatan usaha juga menunjukkan peningkatan di bulan Mei.

Setelah pembicaraan pada hari Senin lalu, Yunani diberi kesempatan selam 48 jam untuk membawa nota kesepakatan dengan kreditur ke garis finish dan mengakhiri kebuntuan lima bulan lebih mengenai bantuan yang risiko default dan kemungkinan keluarnya Yunani dari MEE. Perdana Menteri Yunani Alexis Tsipras juga perlu untuk mendapatkan dukungan dari dalam negerinya sendiri.

Indeks Volatilitas Chicago Board Options Exchange tergelincir 5 persen hari ini untuk 12,11, penutupan untuk hari kedua di level terendah dalam sebulan. Indeks, yang dikenal sebagai VIX ini sempat naik 1,3 persen pekan lalu.

Lima dari 10 kelompok utama dalam indeks S & P 500 ditutup naik, dipimpin oleh saham-saham perusahaan telepon, barang-barang konsumen dan saham energi. Sementara itu, saham utilitas dan konsumen anjlok paling dalam.

Harga saham Amazon.com Inc naik 2,2 persen ke rekor, sementara Staples Inc naik 1,8 persen, terbesar sejak April. TJX Companies Inc naik 1,5 persen ke level tertinggi dalam sebulan, dan Urban Outfitters Inc naik 1,1 persen.

Hari Senin kemarin, saham keuangan naik untuk hari kedua setelah imbal hasil obligasi bertenor 10-tahun naik ke level tertingginya selama dua minggu bahkan setelah mengalami kenaikan terbesar dalam enam minggu.

Harga saham KeyCorp dan JPMorgan Chase & Co naik setidaknya 1,1 persen. Demikian juga dengan harga saham Lincoln National Corp naik 1,1 persen.
Harga minyak mentah West Texas Intermediate naik di atas $ 61 per barel. Harga saham Apache Corp, Valero Energy Corp dan Tesoro Corp naik lebih dari 1,9 persen.

AT & T melonjak 2,5 persen ke level tertinggi dalam hampir 11 bulan setelah Barclays Plc menaikkan rating perusahaan ini. dan UBS AG menaikkan status saham perusahaan menjadi membeli dari netral.

Green Dot melonjak 41 persen, merupakan kenaikan terbesar yang pernah terjadi, setelah memperbaharui perjanjian kerjasama selama lima tahun dengan Wal-Mart dan melakukan buyback saham senilai $ 150 juta. Sampai Senin kemarin, harga saham perusahaan ini telah jatuh sebanyak 25 persen.

Miner Freeport-McMoRan Inc rally 3,7 persen karena harga tembaga naik paling tinggi dalam hampir dua bulan akibat optimisme bahwa ekonomi akan stabil sehingga permintaan logam dari Eropa sampai ke China akan membaik.

Philip Morris International Inc dan Altria Group Inc kehilangan lebih dari 0,9 persen. Molson Coors Brewing Co turun 2,2 persen. Mata uang AS yang kuat membuat produk mereka kurang kompetitif di luar negeri.

Semikonduktor membebani kelompok teknologi, dengan Texas Instruments Inc dan KLA-Tencor Corp turun lebih dari 1,2 persen. Pembuat hard drive Western Digital Corp mundur 3,3 persen ke level terendah sejak Oktober setelah JPMorgan Chase & Co menurunkan saham menjadi netral dari overweight. Harga saham Seagate Technology Plc, juga turun 2,9 persen setelah JP Morgam memangkas rating saham perusahaan ini.

BlackBerry Ltd kehilangan 4,2 persen, penurunan terbesar sejak Maret. Pembuat smartphone ini membukukan kerugian lebih besar dari yang diperkirakan. Hasil penjualan handset untuk kuartal ini merupakan terendah sejak 2007 bahkan disaat perusahaan sudah memakai fasilitas baru pada keyboard yang dilengkapi telepon klasik.

Harga saham CenterPoint Energy Inc, NiSource Inc dan PPL Corp turun lebih dari 1,8 persen.

Perusahaan jasa keamanan ADT Corp juga mengalami penurunan sebesar 4,9 persen ke posisi terendah empat bulan.

Rantai restoran burger Sonic Corp yang memakai system penjualan Drive in, turun 10 persen, penurunan terbesar dalam tiga bulan, setelah mengatakan akan membuka restoran waralaba lebih sedikit tahun ini daripada yang direncanakan.
 
Back
Top