Harga Minyak Ditutup Anjlok Akibat Kembalinya Krisis Yunani

adidananto

New member
oiloffshore1-700x357.jpg




Pada penutupan perdagangan Selasa dini hari tadi harga minyak mentah kembali mengalami pelemahan tajam (30/6). Harga komoditas ini makin terpukul mundur setelah Yunani memberlakukan kontrol modal dan menutup bank-bank di negara tersebut pada hari Senin.

Nilai tukar dollar AS mengalami kenaikan tajam terhadap euro hingga mencapai posisi tertinggi sejak pertengahan bulan Juni di tengah kekhawatiran kembalinya krisis Yunani. Akan tetapi jelang tutup pasar dollar bergerak retreat sehingga sedikit membatasi penurunan yang dialami oleh harga minyak mentah.

Senin kemarin Yunani menutup operasi seluruh perbankan di negara tersebut setelah para kreditur internasional menolak untuk memperpanjang program bailout. Dikhawatirkan akan terjadi rush perbankan yang berpotensi makin menghancurkan ekonomi negara tersebut.

Di akhir perdagangan Selasa dini hari tadi harga minyak mentah jenis WTI berjangka untuk kontrak bulan Agustus yang saat ini merupakan kontrak paling aktif terpantau ditutup dengan membukukan penurunan signifikan. Harga komoditas ini ditutup melemah sebesar 1,3 dollar atau setara dengan 2,18 persen dan berada pada posisi 58,33 dollar per barel.

Pada penutupan perdagangan dini hari tadi harga minyak mentah Brent juga mengalami penurunan lanjutan. Harga terpukul sebesar 1,2 dollar atau dan ditutup pada posisi 62,02 dollar per barel.

Hari ini pergerakan harga minyak mentah WTI masih cenderung berpotensi melanjutkan penurunan. Harga saat ini berada di level 58,19 dollar


 
Back
Top