Balut, janin bebek yang lezat

spirit

Mod
1_balut-janin-bebek-yang-lezat-asal-filipina.jpg

Mengonsumsi telur bebek adalah hal biasa. Bahkan telur bebek bayak disukai karena ukurannya yang besar dan nikmat. Tapi, bagaimana jika Anda menyantap embrio bebek?

Di Filipina, embrio bebek menjadi santapan yang lezat dan populer. Makanan ini disebut balut. Balut sendiri adalah telur bebek yang sengaja dierami tapi tidak untuk ditetaskan. Selain bebek, ayam juga bisa digunakan.

Seperti dilansir sfgate, untuk menetaskan telur bebek, biasanya telur dierami selama 28 hari, sedangkan untuk ayam hanya 21 hari. Sementara balut sengaja dipanen pada usia telur antara 15-25 hari dan 13-14 hari pada ayam. Jadi embrio bebek atau ayam tersebut sudah berbentuk seperti anak ayam yang terdapat paruh, bulu-bulu halus dan tulang lunak.

Balut banyak dijumpai di jalan-jalan di Filipina. Di sana ada balut yang sudah dimasak dengan cara direbus selama 20-30 menit untuk membunuh bakteri yang mungkin tumbuh dalam telur selama masa inkubasi.

1_balut-001-vizcardine-audinovic.jpg

Biasanya balut disantap dalam keadaan hangat dengan campuran garam, cuka dan kecap. Mereka membuka cangkang telur, kemudian mengisap cairan yang melindungi embrio sedikit demi sedikit. Anda akan merasakan bulu, paruh dan tulang lunak bebek di lidah ketika mengonsumsi makanan ini. Sensasi itu lah yang membuat balut terasa lezat.

Meski penampakannya menjijikkan, balut menjadi camilan bergizi di Filipina. Makanan ekstrem tersebut mengandung protein dan kalsium tinggi. Satu porsi balut mengandung 188 kalori, termasuk 14 gram protein dan lemak, dua mg zat besi dan 116 mg kalsium.

Balut bisa menjadi alternatif bagi Anda pecinta kuliner unik. Berani mencobanya?

~merdeka
 
ngeliatnya aja udah jijik apa lagi di makan den Spirit? di mulut ntar ada yang gerak2 gimana ???

bukan karena jijik, tapi kasihan ya, sebentar lagi mau menetas, malah di aborsi :D

di wilayah mindanao justru ada tradisi makan Balut massal. Biasanya menjelang musim panas sekitar bulan Agustus. Ak pernah mencobanya. agak jijik sih kendati rasanya gurih


balutcontent.jpg

Jika lomba makan telur sudah sering dilakukan. Tetapi yang satu ini lomba makan balut. Di Filipina sebuah restoran yang terletak di daerah Tri-State, menantang para pecinta kuliner dalam waktu satu menit untuk memakan balut.

Balut adalah telur bebek yang dibuahi dan kemudian dibekukan selama 11 sampai 14 hari sebelum telur tersebut menetas. Kemudian telur direbus selama 20 menit dan disajika dengan garam dan suka, cuka yang berasal dari tebu.

“Anda dapat melihat awal dari mata dan paruhnya.” kata Nicole Ponseca dari Maharlika, restoran yang mengadakan kontes tersebut. Balut dapat ditemukan di China, Vietnam, Laos, Kamboja, dan Filipina. Makanan tersebut telah menjadi camilan favorit bagi masyarakat Filipina. Biasanya balut dijual oleh pedagang kaki lima.

“Jika Anda beruntung, Anda mungkin akan menemukan beberapa bulu bebek.” kata chef eksekutif, Miguel Trinidad. Terdapat empat bagian dalam hidangan tersebut. Pertama, cangkang telur, sama seperti telur lainnya, bagian ini tidak dapat dimakan.

Kemudian ada cairan embrio yang dianggap nikmat untuk diminum. Setelah itu terdapat kuning telur. Kuning telur pada balut lebih tebal daripada telur yang tidak dibuahi. Terakhir, di bawah lapisan kuning telur terletak janin, yaitu embrio bebek. Sejauh ini baru dua orang yang mendaftar untuk mengikuti kompetisi tersebut. Acara tersebut akan digelar pada Bulan Agustus.
 
di wilayah mindanao justru ada tradisi makan Balut massal. Biasanya menjelang musim panas sekitar bulan Agustus. Ak pernah mencobanya. agak jijik sih kendati rasanya gurih
kasihan & jijik, tapi sebagian orang penasaran juga buat cobain kayanya
 
kasihan & jijik, tapi sebagian orang penasaran juga buat cobain kayanya

bagi wisatawan emank merasa jijik melihat embrio bebek disantap orang lain tp selalu saja penasaran ingin mencobanya. Sama halnya masyarakat manado yang menganggap biasa memakan janin tikus atau masyarakat ende yang gemar memakan tanah liat. Ini tergantung kebiasaan dan budaya masyarakat setempat :)
 
Back
Top