Harga Emas LLG dan Comex Melemah Akibat Anjloknya EUR/USD

adidananto

New member
gold-700x357.jpg




Harga emas spot LLG dan berjangka Comex terpantau mengalami penutupan yang melemah Rabu dini hari tadi (1/7). Harga logam mulia ditutup tergerus seiring dengan keputusan Yunani untuk tidak membayar cicilan utangnya ke IMF. Kondisi ini mengakibatkan nilai tukar euro mengalami penurunan tajam terhadap dollar AS.

Chairman Eurogroup mengatakan bahwa sudah terlambat bagi Yunani untuk bisa merundingkan kembali perpanjangan bailout untuk negaranya. Ia juga mengatakan bahwa sikap Yunani kepada para pengutangnya harus diubah terlebih dulu sebelum program baru diluncurkan.

Yunani menyatakan tidak bisa membayar cicilan utang sebesar 1,6 miliar euro ke IMF hari Selasa ini. Harga emas yang biasanya memperoleh dukungan di saat ekonomi global dipenuhi ketidakpastian tampak tidak terpengaruh. Analis menyatakan bahwa ini merupakan sinyal bahwa ekonomi dan kondisi Yunani sudah tidak lagi menjadi kekhawatiran yang membuat para investor merasa harus mengoleksi safe haven.

Harga emas spot LLG pada penutupan perdagangan malam tadi tampak sempat mengalami penurunan sebesar 1,2 persen dan mencapai posisi paling rendah sejak tanggal 5 Juni di posisi 1.166,35 dollar per troy ons. Akan tetapi di akhir perdagangan harga ditutup melemah sebesar 0,7 persen di level 1.171,05 dollar per troy ons.

Sementara itu harga emas berjangka Comex juga mengalami penurunan di akhir perdagangan bulan Juni. Harga ditutup turun 7,20 dollar di posisi 1.171,80 dollar per troy ons.

Pada perdagangan pagi ini harga emas spot LLG tampak mengalami rebound. Harga saat ini


 
Back
Top