Cegah Resiko Kanker Kulit dan Berikut Tips Pilih Sunblocknya

lalamala

New member
Cara-Memilih-Tabir-Surya-yang-Benar-untuk-Melindungi-Kulit.jpg


Kanker Kulit tentu adalah salah satu penyakit yang pasti membuat kita khawatir, karena kanker kulit itu bisa di sebabkan oleh paparan sinar matahari langsung. Memang sinar matahari itu penting buat kehidupan kita, tapi faktanya sinar UV juga bisa merusak sel-sel kulit hingga menyebabkan kanker kulit.

Pencegahan akan lebih baik daripada pengobatan, salah satu pencegahan yang dapat dilakukan adalah dengan memakaikan sunblock, nah untuk pemilihan sunblocknya bisa liat kutipan tipsnya berikut :

SPF
Unsur ini harus ada di setiap produk tabir surya. SPF adalah singkatan dari Sunscreen Protection Factor atau bila diterjemahkan artinya faktor pelindung dari sinar matahari. Setiap produk tabir surya biasanya menampilkan angka atau tingkatan SPF misalnya SPF 15 atau SPF 30 dan seterusnya.

Ini artinya semisal para ladies memilih SPF 15 maka kulit akan terlindungi 15 kali dari daya tahan tubuh para ladies. Apabila kulit para ladies bisa bertahan 30 menit dari paparan sinar matahari lalu permukaan kulit terasa perih dan kemerah-merahan maka ketika memakai SPF 15 maka para ladies mendapatkan perlindungan selam 15 x 30 menit atau sekitar 450 menit. Perlu dicatat bahwa SPF hanya bisa menangkal efek dari UVB.

UVA dan UVB
Sinar matahari yang masuk dan diterima di bumi pada umumnya terbagi menjadi tiga kategori yaitu UV A, B dan C. Untuk sinar UV A dab B biasanya masuk sampai permukaan bumi dan sedikit tersaring oleh atmosfer bumi sedangkan UV C rata-rata gagal masuk permukaan bumi karena ditangkal oleh ozon bumi.

Organic Sunscreen
Memang sebenarnya Sunblock bisa membantu menangkal sinar matahari namun sayangnya hanya dapat menangkal sinar UV B saja. Untuk itu disarankan memakai organic sunscreen yang adalah tabir surya kimia yang dapat memberikan perlindungan lebih banyak daripada sunblock.

Sunscreen ini tidak hanya dapat menyerap sinar UV B tetapi juga dapat menyerap sinar UV A yang notabene lebih berbahaya daripada UV B karena dapat menembus lapisan kulit lebih dalam sehingga dapat menyebabkan kanker.

Sumber
 
Back
Top