Harga Emas Terdesak Lagi,

adidananto

New member
gold-bar-700x357.jpg



Harga emas spot LLG dan emas berjangka Comex berakhir turun terbatas pada penutupan perdagangan Jumat dini hari tadi (3/7). Harga logam mulia sempat terangkat naik setelah pada perdagangan sebelumnya sempat mencapai posisi paling rendah dalam 3,5 bulan belakangan. Data menunjukkan bahwa sektor tenaga kerja di Amerika Serikat lebih lemah dari perkiraan pada bulan Juni lalu. Kondisi ini mengindikasi bahwa Fed akan menunda waktu kenaikan suku bunga yang diperkirakan sebelumnya akan terjadi di bulan September.

Pertumbuhan sektor tenaga kerja di Amerika Serikat mengalami perlambatan di bulan Juni lalu. NFP hanya mengalami kenaikan sebesar 223 ribu. Ekspektasi yang berada di level 230 ribu ternyata tidak tercapai. Sementara itu tingkat pengangguran mengalami penurunan menjadi 5,3 persen, terendah sejak bulan April 2007 lalu.

Pasar juga mengamati kelanjutan perkembangan krisis utang Yunani. Sampai saat ini para pelaku pasar masih belum tertarik untuk memburu emas yang biasanya merupakan aset safe haven di masa ekonomi dipenuhi ketidakpastian.

Harga emas spot LLG pada penutupan perdagangan dini hari tadi berada di posisi1.166,25 dollar per troy ons. Harga logam mulia mengalami pelemahan sebesar 2,25 dollar atau setara dengan 0,19 persen dibandingkan dengan penutupan perdagangan sebelumnya yang berada di level 1.168,50 dollar per troy ons. Harga sempat melorot sebesar 1 persen ke level 1.156,85 dollar, terendah sejak tanggal 18 Maret lalu.

Pada perdagangan pagi ini harga emas spot LLG terpantau mengalami pergerakan yang masih terbatas, belum bergerak banyak dari posisi penutupan perdagangan tadi. Meskipun demikian tekanan bearish tampak masih kuat sehingga kemungkinan harga makin turun juga cukup besar. Harga saat ini diperdagangkan pada posisi 1.166,15


 
Back
Top