Baduy Juga Pengen Pinter!!

Megha

New member
Den, tau suku Baduy gak? itu loh suku yang katanya fanatik banged sama kehidupan budayanya. Bayangin aja, dari segi pakaian mereka masih menggunakai kain panjang yang dililit ketubuh tanpa dijahit. Dan mereka lebih memilih untuk berjalan kaki berkilo-kilo jauhnya (tanpa alas kaki) dari pada menggunakan kendaraan kecuali kendaraan tak bermesin seperti gerobak atau delman (pemantauan saya 2004).

Sekarang warga baduy ternyata sudah lebih modern karena sudah mengenal pakaian jahit, biarpun rada fanatik budaya mereka juga belajar "Kami juga belajar,toh buktinya kami juga bisa berhitung karena terusterang para orang tua kami selalu mengajari kami untuk bisa menulis 'Hanacaraka datasawala' belajar menulis dan membaca tidak bertentangan dengan hukum adat kami" hmm.. benerkan?!

Masyarakat Baduy sekarang tengah belajar disekolah layaknya 'pelajar' tapi bedanya gak ada jam formal dan keharusan memakai seragam, biasanya mereka bersekolah setelah atau sebelom berladang. Mereka sekarang tengah belajar dibawah Wadah Musyawarah Masyarakat Baduy (Wammby) yang diJawari sama pak H. Kasimin. Dia Ngareeeep banget dengan adanya Wammby, penuntasan buta aksara 2009 dikabupaten lebak bisa terwujud. Amiiiiiien.
 
Back
Top