Cara Memelihara Mesin Mobil Yang Efektif

acamitraca

New member
Cara-Memelihara-Mesin-Mobil-Yang-Efektif.jpg

Supaya mobil selalu siap dipakai dan selalu dalam kondisi prima diperlukan pemeliharaan mobil yang optimal secara menyeluruh.Yang terkadang masing-masing setiap orang tidak mempunyai waktu atau habit merawat mobil secara telaten. Bagi anda yang tidak banyak waktu untuk merawat mobil anda, ada hal-hal penting pada bagian mobil yang harus anda rawat dan tidak boleh diabaikan.

Pemeliharaan mesin mobil itu mudah yaitu melakukan pengecekan secara berkala pada oli mesin, filter udara dan cairan radiator, dan memacu mobil dengan sewajarnya.

Tidak hanya mobil lama yang sudah tua saja yang membutuhkan pemeliharaan, mobil, barupun juga membutuhkan pemeliharaan secara rutin dengan baik dan benar, berlaku untuk tipe mobil matic (automatic) atau mobil dengan manual.

Berikut ini 4 cara untuk memelihara mobil :

1. Pengecekan cairan radiator atau coolant setiap kali mau memakainya.
Fungsi radiator memerankan peranan sangat penting untuk menetralisir panas. Jika air radiator tidak ada bukan hanya menimbulkan kerusakan p[ada mesin, namun juga dapat membahayakan pengemudi kendaraan. Ketidak adanya air pada radiator akan menimbulkan panas yang disebut overheat pada mesin. Kondisi pentingnya radiator terhadap keadaan mesin, maka semestinya memeriksa air pada radiator mobil anda secara regular.

2. Ganti oli berkala.
Cara kerja sebuah mesin sangat bergantung dengan pemeliharaan dengan cara ganti Oli secara berkala. Untuk menjamin kondisi mesin mobil agar selalu prima. Untuk itu oli mobil selayaknya wajib diganti secara berkala dan tepat waktu sesuai dengan aturan standar masing-masing tipe mobil dimana pada umumnya penggantian oli setelah kendaraan menempuh jarak 3000 km sampai 5000 km.
Disamping itu pemilihan oli yang tepat sesuai dengan kebutuhan standar mesin mobil dapat menjauhkan terjadinya panas berlebih pada mesin mobil. Oli sangat penting terhadap ketahanan sebuah mesin mobil, dimana oli memiliki peran menahan gesekan yang terjadi pada sebuah mesin.

3. Membersihkan filter karburasi.
Factor lain penyebab mesin mobil terkadang susah dihidupkan antara lain adalah saringan karburasi filter mobil yang kotor. Membersihkan saringan filter karburasi ini tidaklah sulit cukup gunakan sikat gigi bekas untuk melepaskan kerak dan kotoran yang menempel pada saringan. Hindari penggunaan hairdryer atau compressor ketika membersihkan filter karburasi hal ini akan beresiko menimbulkan kerusakan pada lapisan filter karburasi.

4. Manfaatkan mobil anda
Mesin mobil yang digunakan dalam jangka waktu yang lama tentu akan menghasilkan kerak pada beberapa bagian mesin. Solusinya mudah sekali, cukup hanya memacu kendaraan dengan menginjak gas lebih dalam agar kerak yang terdapat pada mesin dapat keluar melaui knalpot. Tentunya anda harus memperhatikan keamanan berkendaraan ketika mencoba memacu kendaraan anda lebih cepat.

Selamat mencoba …

Mau informasi menarik lainnya kunjungi : www.mitracaonline.com
 
Back
Top