Wall Street Ditutup Melemah, Indeks S&P 500 Tergelincir 0,4 Persen Menjadi 2,068.76

adidananto

New member
Bursa Amerika ditutup melemah, indeks S & P 500 tergelincir 0,4 persen menjadi 2,068.76 pada pukul 4 pm di New York. Indeks ini telah kehilangan 1,2 persen selama pekan lalu. Dow Jones Industrial Average turun 46,53 poin, atau 0,3 persen, ke 17,683.58. Nasdaq Composite Index melemah 0,3 persen. Sekitar 6,7 miliar saham berpindah tangan di bursa AS, 6,3 persen di atas rata-rata 3 bulan.

times_square_broadway1.jpg


Tanggung jawab berada pada Yunani untuk bertindak cepat demi menghindari krisis bank. Pemerintah mengatakan akan tetap menutup bank sampai Rabu. Kanselir Jerman Angela Merkel dan Presiden Prancis Francois Hollande akan hadir pada pertemuan para pemimpin wilayah euro lainnya besok.

Menteri Keuangan Yunani Yanis Varoufakis mengundurkan diri. Varoufakis mengatakan ada "preferensi tertentu" diantara kreditur Eropa sehingga dia memutuskan untuk tidak lagi terlibat dalam negosiasi.

Ketidakpastian di Yunani dibayangi data ekonomi AS yang meskipun naik, sementara tidak cukup kuat untuk meningkatkan prospek kenaikan suku bunga Fed. Data ekonomi yang dikeluarkan hari Kamis lalu menunjukkan ekonomi AS menambahkan 233.000 pekerjaan pada Juni, sementara upah stagnan dan ukuran angkatan kerja surut.

Investor akan menerima sinyal mengenai kesehatan ekonomi pada Rabu ini ketika musim pendapatan dimulai dan The Fed merilis hasil pertemuan bulan Juninya.

Indeks Volatilitas Chicago Board Options Exchange naik 1,3 persen menjadi 17,01, setelah melompat 13 persen sebelumnya. Indeks, yang dikenal sebagai VIX, membukukan kenaikan mingguan terbesar sejak Januari di hari Kamis minggu lalu, naik 20 persen.

Sembilan dari 10 sektor utama yang ada di indeks S & P 500 ditutup melemah dipimpin saham-saham energi, baku-bahan dan saham industri. Minyak mentah WTI anjlok terburuk dalam lima bulan di tengah kekhawatiran akan berkurangnya permintaan sementara persediaan melimpah.

Harga saham Transocean turun ke level terendah tiga bulan, dan National Oilwell Varco Inc kehilangan 5 persen, terbesar dalam dua bulan.

Penambang logam Freeport-McMoRan Inc juga mundur 3 persen ke level terendah sejak 19 Maret Harga tembaga di bursa berjangka turun terbesar sejak Januari di tengah anjloknya logam industri sebagai langkah pemerintah China untuk menghentikan jatuhnya pasar saham dan pengaruh krisis Yunani dan juga kondisi surutnya permintaan global.

Pembuat peralatan pertambangan Joy Global Inc. tenggelam 2,9 persen ke posisi terendah enam tahun. Caterpillar Inc dan General Electric Co kehilangan lebih dari 1,5 persen.

Aetna jatuh 6,4 persen setelah target pengambilalihan Humana memangkas prospek pendapatannya karena penerimaan rumah sakit lebih tinggi dari perkiraan dalam bisnis Medicare-nya. Humana naik 0,8 persen setelah Aetna hari Jumat lalu sepakat untuk membeli penyedia program kesehatan swasta AS terbesar kedua.

Intel Corp dan Micron Technology Inc kehilangan setidaknya 1,7 persen.
 
Back
Top