Harga Emas LLG dan Comex Anjlok Capai 4 Bulan Terendah

adidananto

New member
gold-bar-700x357.jpg




Harga emas spot LLG dan emas berjangka Comex berakhir anjlok tajam pada penutupan perdagangan Rabu dini hari tadi (8/7). Harga logam mulia sempat bahkan sempat terpukul hingga mencapai posisi paling rendah dalam empat bulan belakangan pada perdagangan malam tadi. Harga logam mulia lain seperti perak dan platinum juga turut mengalami penurunan tajam.

Kenaikan nilai tukar dollar mengakibatkan tekanan jual di pasar komoditas meningkat. Dollar mencapai posisi tertinggi dalam lima pekan di tengah kekacauan yang dialami oleh kawasan euro. Para pelaku pasar membuang komoditas yang diperdagangkan dengan mata uang tersebut karena harganya menjadi lebih mahal seiring dengan apresiasi dollar.

Emas biasanya dilihat sebagai investasi alternatif di saat kondisi ekonomi global tidak kondusif seperti yang sedang terjadi saat ini. Akan tetapi para pelaku pasar tampaknya tidak terlalu berminat terhadap investasi safe haven ini karena dampak dari krisis Yunani diperkirakan tidak akan terlalu besar dan terbatas di negara tersebut saja.

Harga emas spot LLG pada penutupan perdagangan dini hari tadi berada di posisi 1.154,75 dollar per troy ons. Harga logam mulia mengalami pelemahan sebesar 1,3 persen dibandingkan dengan posisi penutupan perdagangan sebelumnya. Harga emas spot LLG sempat mengalami penurunan hingga ke level 1.148,05 dollar yang merupakan posisi paling rendah sejak tanggal 18 Maret lalu.

Harga emas berjangka Comex untuk kontrak Agustus tampak mengalami penurunan sebesar 1,8 persen dini hari tadi


 
Back
Top