Ini Teknik Desain Business Card Tutorial dengan Photoshop
 
Go Back   Home > Art & Design > Photoshop

Daftar
Lupa Password?


Anda juga bisa login menggunakan akun Jejaringsosial.com anda
Gambar Umum Video Umum Radio & TV Online

loading...



 
Reply
 
Thread Tools Search this Thread
Reply With Quote     #1   Report Post  

Ini Teknik Desain Business Card Tutorial dengan Photoshop

Kalo anda kebagian tugas untuk men-desain sebuah Business Card, rasanya tidak perlu bingung atau kewalahan, karena dengan desain yang simple para pebisnis yang menggunakan kartu ini tidak akan kesulitan menerimanya.

Keutamaan pada Business Card ialah branding - dari warna, jenis tulisan, dan pesan utama yang anda buat ketika men-desainnya. Okay, kali ini dalam tutorial ini kita akan membahasnya secara praktis.


BAGIAN MUKA

Apa yang anda lakukan ialah memiliki segudang file images (picture) sebagai kumpulan object yang akan anda sertakan pada Business Card anda kali ini. Logo bisa anda pergunakan, jika sudah punya, lalu gabungkan dengan beberapa penulisan text yang relevan.

1. Buka New File pada photoshop dengan ukuran 85x55mm atau 3.5"x2" sebagai ukuran umum. Jika ingin diperbesar / diperkecil mudah, yang jelas sekarang pakai dulu itu. Kali ini kita akan pilih ukuran 85x55mm.


Pastikan Pixelnya 300. Efeknya jika resolusi pixel ini sebesar 300, maka boleh jadi yang tampil dilayar anda cukup besar. Hal ini memberikan detail yang tajam, sehingga nanti jika diprint yang sebenarnya tidak akan ada istilah pecah / loss focus.



2. Pilih foto anda. Tipsnya sebagai berikut:
- Iklan apa yang ingin anda tonjolkan? Pikirkan diri anda ketika akan meberikan kartu ini kepada orang lain yang menerima, apa pesan yang ingin anda sampaikan kepada mereka? Perhatikan point yang menjadi titik utama bahwa memang anda spesialis dibidang tersebut atau setidaknya orang membutuhkan solusi dari yang anda sediakan. Ambil point itu. Kebanyakan orang tidak mau memprint- setiap pointnya satu kartu satu, tetapi ada beberapa sebagian lain yang melakukan hal tersebut dan tidak ada salahnya anda pun begitu.

- Perhatikan logo anda. Apakah anda ingin dengan efek bertindihan / transparent / overlay? Atur space ruang yang memberikan tempat bagi object lain yang mengisi desain tersebut.

Ketika ada pengusaha yang membutuhkan pesan mengenai perbelanjaan, maka object foto yang berkaitan dengan shopping dapat disertakan sebagai salah satu sisi utama yang disertakan pada Business Card tersebut. Zoom in saja, lalu focus pada messagenya.



3. Buka gambar yang akan anjda jadikan sebagai object utamanya, lalu bubuhkan pula Logonya jika ada.




4. Resize foto anda, atur sedemikian rupa sehingga lebih besar dari kartu anda. Saya akan men-crop (memotong) bagian yang ada dalam tutorial ini (dan menjadikannya berwarna hitam & putih plus gradient map. Pakai Saturation blend mode)




5. Masukkan fotonya ke dalam kartu tadi. Posisikan sesuai yang anda inginkan.




6. Resize logo anda, jika memang bukan Vector maka tak jadi masalah, atur sampai jelas dalam 100% tidak terjadi pecah pada object tersebut. Zoom jika perlu.




7. Atur warna sehingga nampak mencolok. Sesuaikan selera anda.





8. Tambahkan sedikit ruang untuk text lain sebagai motto anda, misalnya untuk kali ini saya bubuhkan "Freelance Creative" text, dengan jenis font yang sesuai meski tidak sama dengan logo utama.




9. Save As > JPG. Selesai.



BAGIAN BELAKANG

1. Buka sisilain sehingga sama ukurannya dengan desain Muka anda.

2. Pergunakan logo yang sama seperti yang dimuka tadi. Posisikan di tepi kanana / kiri dan perkecil ukurannya. Tambahkan garis untuk tutorial kali ini.





3. Gunakan Type Tool, lalu drag sebuah kotak sebagai lahan yg akan anda pakai mengetik text. Ketika kursor mulai blink maka anda dapat mulai mengetik textnya. Sertakan pesan yang anda ingin orang lain tahu.




4. Atur jenis karakter dan spacingnya jika perlu pada Character Window.




5. Atur pula posisinya tiap text yang anda telah buat.




6. Save As > JPG. selesai!



CATATAN PENTING

Ingat untuk dicatat :
- pastikan font yang handwriting jangan terlalu sering dipergunakan karena tidak semua orang merasa nyaman dengan type ini.
- awas jika Anda menggunakan lebih dari 2 jenis font pada Business Card anda.
- perhatikan pula gambar yang dibubuhkan, haruslah relevan dengan bidang anda.
- Jangan beri multiple links pada kartu nama anda. Tetapi cukup 1 web utama saja.

Jika secara visual sudah nampak pas pada layar anda, pastikan anda melakukan test-printing karena biasanya printer memilki perbedaan kontras warna berbanding layar screen monitor. Atur pula brightness atau hue pada desain anda sehingga warna dan komposisi warnanya saat diprint sesuai dengan apa yang anda inginkan.

Simak beberapa foto dibawah ini, dan jadikan sebagai alat penunjang inspirasi anda!






Check gbr lainnya di sini.

Sumber aslinya : FGroupIndonesia.com (15/juli/2015).
jaya28inside
jaya28inside jaya28inside is offline
Village Level

Post: 51
 
Reputasi: 1

spirit: nice post
       





Reply With Quote     #2   Report Post  

Re: Ini Teknik Desain Business Card Tutorial dengan Photoshop

nice. Repu untukmu
spirit
spirit spirit is offline
Mod

Post: 65.689
 
Reputasi: 1570

Reply
 

Thread Tools Search this Thread
Search this Thread:

Advanced Search





Pengumuman Penting

- Pengumuman selengkapnya di Forum Pengumuman & Saran


Cari indonesiaindonesia.com
Cari Forum | Post Terbaru | Thread Terbaru | Belum Terjawab


Powered by vBulletin Copyright ©2000 - 2017, Jelsoft Enterprises Ltd.