Bagaimana cara meminta kenaikan gaji yang tepat?

jaya28inside

New member
kenaikan_gaji_fgroupindonesia.jpg


Seperti yang telah kita ketahui, bahwa semakin lama jumlah personil di dunia kerja semakin meningkat, dan begitu pula upah yang ditentukan. Sebagian besar dari pemilik perusahaan menempatkan diri mereka pada posisi yang akan menaikkan gaji hanya kepada personil yang terbaik. Adapun anda saat ini, yang memerlukan kenaikan gaji secara real, bagaimana caranya? Simak ulasan singkat berikut ini.


TENTUKAN WAKTU YANG TEPAT
Meskipun kita telah mengetahui bahwa perekonomian dunia dikuasai oleh Dolar yang nota-bene mata uang asing. Hal ini tidak berarti menutup kemungkinan kepada anda selaku pekerja untuk mendapat kenaikan gaji. Hal utama yang perlu anda perhatikan ialah timing atau waktu. Karena saat anda melakukan request kenaikan gaji, perlu anda garis bawahi bahwa request ini harus tepat waktunya dan bukan pada saat perusahaan sedang goyang (tidak stabil).

Laura sebagai direktur dari Accentuating Service menegaskan bahwa perekonomian yang stabil dalam sebuah perusahaan menandakan timing yang pas untuk melakukan kenaikan gaji. Catat ya, hal ini berarti ada kenaikan performa / kinerja yang berefek pada hasil yang baik tentunya. Tetapi juga beliau menambahkan bahwa dengan perekonomian yang membaik ini bukan berarti menjadi pertanda bahwa dompet para pekerja semakin menga-nga (terbuka). Ingat, perusahaan pun perlu memiliki bekal tertentu untuk menyeimbangkan keadaannya ketika dalam keadaan krisis (genting). Apabila memang sudah jelas kondisi performa dan timingnya bagus, maka request kenaikan gaji pas, jika tidak berarti wassalam!


JELASKAN ALASAN YANG SEBENARNYA
Perlu anda ingat pula bahwa dengan meningkatnya kinerja anda dalam bekerja maka anda layak mendapatkan kenaikan gaji. Sweeney salah satu CEO dari MyCorporation.com menyatakan bahwa poin utama anda selaku pekerja yang membantu perusahaan menjadi lebih baik lagi (terangkat) dalam sisi bisnis. Dengan begitu buktinya jelas, bahwa anda pantas untuk mendapatkan kenaikan gaji tahun ini. Biasanya seperti itu. Sehingga sedikit kemungkinannya jika suatu perusahaan itu menolak untuk menaikkan gaji anda.

Apa saja poin-poin tersebut? Tentu diantaranya ialah ; meningkatkan income-perusahaan, menghemat expenses-perusahaan, menyertakan project tambahan (dengan meminimalisir cost dan memaksimalkan kinerja) ini merupakan tanda operasi yang efisien. Dengan begitu anda sudah menunjukkan bahwa keberadaan diri anda memang sangat berarti bagi perusahaan.

Ketika anda sudah menunjukkan bahwa memang jelas anda memberikan profit tambahan bagi perusahaan, maka secara otomatis di kalangan manajer tidak segan-segan akan menawarkan penambahan insentif, dan atau bahkan promosi jabatan.

Mindy sebagai pimpinan Aim Resource Group, merekomendasikan anda agar menempatkan keadaan yang pas untuk sebuah kenaikan gaji, caranya? Tentu saja hasilkan dulu keuntungan terbaik bagi perusahaan anda. Dengan begitu penghargaan dari perusahaan akan jelas teralokasikan untuk anda pula. Dan bukan secara langsung to the point menyatakan "ingin naik gaji", begitu jelasnya.

Anda juga disarankan untuk tetap berfikiran positif jika ditemukan sebuah penolakan dari supervisor yang anda ajak bincang mengenai kenaikan gaji tersebut. Misalnya, dengan mengajukan pertanyaan yang lebih sopan seperti, "Bagaimana kalau 6 minggu lagi kita dibincangkan kembali hal ini, pak/bu?" atau "Kira-kira kapan ya waktu yang pas untuk membahas detail mengenai hal ini?" Dengan demikian, maka anda sudah secara tegas memberikan tanda kepada pihak internal perusahaan bahwa anda serius dalam perbincangan hal ini (promosi upah/gaji).

----

Sudah bekerja secara optimal? Atau baru akan pindah ke divisi lain? Check sumber artikel di FgroupIndonesia.com (24/juli/2015)
 
Back
Top